Notification

×

Iklan

Iklan

Hadapi Virus Corona, MUI Himbau Umat Islam Baca Qunut Nazilah

Senin, 02 Maret 2020 | 22:17 WIB Last Updated 2020-03-02T15:26:57Z
Hadapi Virus Corona, MUI Himbau Umat Islam Baca Qunut Nazilah

PASUNDAN POST ■ Virus Corona kini telah masuk ke Indonesia. Dua orang dinyatakan telah terkena virus COVID-19 ini. Keduanya adalah ibu rumah tangga berusia 64 tahun dan anaknya 31 tahun. Saat ini, mereka telah dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Menanggapi wabah virus corona ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan kepada umat Islam.

“Umat Islam diimbau untuk melakukan qunut nazilah,” kata Wasekjen Bidang Fatwa MUI KH Shalahudin Al Ayub, Senin (2/3/2020).

Seperti dilansir nu.or.id, Qunut Nazilah dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir di setiap shalat wajib yang lima waktu.

Amalan ini diamalkan ketika umat Islam menghadapi persoalan keamanan, pertanian, bencana alam, bencana kemanusiaan, dan lain sebagainya. Selain doa qunut subuh, pada qunut nazilah ini ada baiknya menambahkan dengan doa qunut yang dibaca Sayyidina Umar dan Ibnu Umar RA.

Berikut ini doanya.


اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

Allâhumma innâ nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Artinya, “Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Tak hanya Qunut Nazilah, Shalahudin juga meminta masyarakat untuk tetap melakukan pola hidup sehat.

“Pasti pola hidup sehat dan langkah-langkah preventif agar tidak terdampak dengan corona ini,” ujarnya.

×
Berita Terbaru Update