Notification

×

Iklan

Iklan

DPR Minta Kementan Bantu Petani Terdampak Pandemik Covid-19

Kamis, 02 Juli 2020 | 15:03 WIB Last Updated 2021-10-05T16:53:24Z

PASUNDAN POST ■ Anggota Komisi IV DPR RI Effendi Sianipar meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberikan serta menyalurkan bantuan kepada para petani yang terdampak pandemik Covid-19. Bantuan itu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terkena imbas Covid-19, khususnya petani.

“Dampak Covid-19 tidak hanya memukul sektor ekonomi semata. Namun, para petani juga mengalami dampaknya, ini harus segera mendapatkan bantuan,” pinta Effendy saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan jajaran Eselon I Kementan, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dia mencotohkan, harga panen cabe dari petani beberapa waktu lalu hanya dibeli dengan harga Rp 3.000 per kilogram. Tentunya, harga itu tidak sebanding dengan biaya produksi untuk menanam cabe.

“Tentunya, Kementerian Pertanian bisa membantu petani yang mengalami dampak pandemik ini. Jangan mereka hanya dibiarkan,” ujar Effendy.

Lebih lanjut, legislator asal daerah pemilihan (dapil) Riau ini menjelaskan Komisi IV DPR RI akan melakukan monitoring sejauh mana program-program Kementan bisa bermanfaat bagi rakyat. Karena di dalam situasi saat ini, diperlukan kehadiran negara dalam menjaga daya beli masyarakatnya, termasuk petani.

Karena petani adalah ujung tombak sektor pangan, sehingga harus mendapat prioritas bantuan.

"Menteri Pertanian harus membuat terobosan baru agar petani bisa mendapatkan bantuan saat ini. Karena, petani juga membutuhkan bantuan ditengah pandemi saat ini," kata Effendy, seperti dikutip dari dpr.go.id

×
Berita Terbaru Update