-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | Kritis - Nasionalis - Religius
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    SMA N 1 Cidahu Sukabumi Donor Darah, Setetes Darah Bukti Kecintaan Kesesamanya

    Redaksi
    Selasa, 01 Maret 2022, 13:25 WIB Last Updated 2022-03-03T01:20:20Z

    Kepala Sekolah SMA N 1 Cidahu Isda Sugara, M.Pd didampingi Camat Cidahu Drs. Jaenal Abidin, Saat Memantau Pelaksanaan Donor Darah di SMA Negeri 1 Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Selasa, (1/3/2022). 


    PASUNDAN POST ■  Sekolah cinta terhadap sesama manusia, puluhan pelajar SMA Negeri 1 Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, donorkan darah demi memberikan kehidupan untuk sesamanya. 

    Pelaksanaan donor darah di ruang kelas IPA l diikuti oleh 60 siswa dan 10 guru pengajar, kendati sudah di sosialisasikan 100 persen ke para siswa namun terbentur dengan Pembelajaran Tatap Muka(PTM). 


    Kepala Sekolah SMA N 1 Cidahu Isda Sugara, M.Pd mengatakan, Kaitan dengan pandemi kemarin ketika puncaknya Covid 19 ternyata labu darah sangat dibutuhkan sekali. 

    Bagaimana bisa memberikan manfaat untuk warga umumnya untuk masyarakat sekitar sehingga ketika ada tawaran dari pihak PMI melalui Pak Camat, kami sangat antusias dalam artian inilah perwujudan kami yang real bisa langsung memberikan sebuah manfaat dalam wujud kepedulian, kesetiakawanan, apalagi hal yang jarang bisa memberikan bantuan dalam bentuk darah," Ujar Isda, Selasa, (1/3/2022). 

    Bisa kemungkinan stok darah kata PMI tadi kekurangan, mudah-mudahan ini adalah real dari kami, yang bisa kami berikan yaitu untuk menambah cadangan labu darah yang ada di PMI Kabupaten Sukabumi setidaknya bisa membantu  ketersediaan darah," Imbuhnya Isda. 

    Lebih lanjut Isda, Antusias siswa terlihat luar biasa meskipun masih berkaitan tidak dengan 100% PTM jadi hanya 50-60% tercatat jumlah siswa yang daftar ada 60 tetapi sosialisasi secara keseluruhan Alhamdulillah sekitar 500 siswa sudah tersosialisasikan pentingnya donor darah tersebut.

    " Ini justru jadi tonggak awal mudah-mudahan ke depannya partisipasi siswa kami dan warga sekitar lebih antusias, karena ini memang awal sehingga kami lebih ke sosialisasi dulu tapi di balik sosialisasi ada siswa dan pihak guru yang siap mendonorkan darahnya," Bebernya.

    Karena kaitan dengan kelas XII kegiatan pembelajaran sudah mulai berakhir, maka pihaknya hanya libatkan kelas X dan XI.

    " Fungsi darah yang keluarkan salah satunya bisa membuat kita lebih sehat lagi, dibalik kita memberikan kebaikan kepada orang lain ternyata kebaikan pasti kembali kepada kami ataupun kepada siswa-siswi kami," Jelasnya. 

    Pihaknya mengharapkan, Kedepanya kegiatan ini akan menjadi program kontinuitas dan berkesinambungan selain dibalik donor darah memberikan sumber kehidupan, ternyata dibalik mendonorkan darah putra-putri insyaallah akan menjadi lebih sehat lagi. 

    " InsyaAllah akan menjadi program kontinuitas, setiap tiga bulan sekali dan akan gebyar dari sisi manfaatnya,"ucapnya.


    Disamping donor pihaknya juga akan sertakan juga kegiatan lain seperti P3K, bahkan, sempat berbincang dengan Pak Camat tentang pertolongan pada kesiapsiagaan dengan wisata nanti berkolaborasi dengan berbagai mungkin dengan organisasi kemasyarakatan disini ataupun pihak desa terkait yang ada disini mudah-mudahan bisa terealisasi," 

    "Harapannya sesuai dengan visi misi sekolah yaitu kami menjargonkan sekolah cinta, salah satunya cinta ilahi, cinta sesama dan cinta alam. Ini adalah perwujudan visi misi kami yaitu cinta sesama artinya memberikan darah sama dengan memberikan kehidupan untuk sesama,"Tandasnya Isda. 

    Sementara Camat Cidahu Drs. Jaenal Abidin menyampaikan, Alhamdulillah hari ini berkat dukungan Pak Kepala Sekolah dan para pelajar sehingga hari ini bisa terselenggara dengan jumlah yang banyak mudah-mudahan ini menjadi salah satu perkumpulan di wilayah Kecamatan Cidahu, SMA Negeri 1 Cidahu sebagai kampung pendonor darah, sebagai sekolah donor darah di Kecamatan Cidahu.

    " Hari ini kita mengadakan kegiatan donor darah di lingkungan SMA Negeri 1 Cidahu, kita gerakan semua pelajar untuk  mengenal, memahami apa manfaat donor darah, kita perlahan-lahan yang daftar kurang lebih 60 orang,"jelasnya.

    Mudah-mudahan ke depannya bisa bertambah lagi karena kegiatan donor darah ini memerlukan pemahaman, motivasi ke semuanya sehingga pelajar bisa ikut berpartisipasi sebagai pendonor darah.

    "Harapan ke depan bahwa nanti pada saat membutuhkan labu darah kita akan lebih mudah dan masyarakat semakin sadar kepada fungsi dan manfaat donor darah untuk membantu keselamatan orang lain," Pungkasnya. (*Cking). 

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...