-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | Kritis - Nasionalis - Religius
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Karang Taruna Buka KATUDING, Pemdes Jayabakti Cidahu Sukabumi Suport

    Redaksi
    Senin, 13 Juni 2022, 16:30 WIB Last Updated 2022-06-13T19:18:24Z
    PASUNDAN POST ■ Karang Taruna Desa Jayabakti gali potensi ekonomi kerakyatan dan seni budaya Sunda melalui Pasar Pemuda  Kesenian, Tebar Buku Diskusi, sareng Dagang Nguriling (KATUDING) sebagai wujud untuk menumbuh kembangkan budaya sunda yang hampir punah. 

    Informasi dihimpun Pasundanpost.com, Bazar sebagai media untuk memasarkan produk unggulan hasil karya masyarakat serta menampilkan berbagai seni budaya Sunda di area bazar komplek perumahan Cidahu Hijau, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu,(12/6/2022)lalu.

    Ketua Karang Taruna Desa Jayabakti M. Imam Maulana mengatakan, 
    Pasar Pemuda  Kesenian, Tebar Buku Diskusi, sareng Dagang Nguriling (KATUDING). 

    Pasar, kami memberi nama tempat tersebut dengan istilah pasar karena kami mencoba untuk merestorasi nilai-nilai pasar pada jaman dulu. 

    Dulu selain sebagai tempat berdagang, pasar dijadikan tempat untuk berdiskusi, berdebat, melahirkan gagasan untuk kemajuan peradaban, 
    Misal di Yunani abad ke-5 Sebelum Masehi. 

    " Lalu kemudian kami membubuhkan istilah Pemuda, tanpa berniat mendeskreditkan masyarakat yang secara usianya sudah tua, tetapi maksud yang sesungguhnya adalah kejiwaan yang muda, yang selalu bersemangat bertransaksi fikiran di Pasar Pemuda,"ujar Imam. 

    Menurutnya, KATUDING, tidak lebih sebagai akronim dari Kasenian, Tebar Buku, Diskusi, sareng Dagang Nguriling adalah nama yang merangkum apa yang ada di dalam Pasar tersebut. 

    " KATUDING juga saya pikir bisa memprovokasi masyarakat untuk bertanya-tanya tentang apa sebetulnya yang ada di pasar ini, sehingga orang akan berbondong-bondong berdatangan dan diam-diam mereka akan mengisi nutrisi otaknya di Pasar Pemuda KATUDING,"ungkapnya.

    Karena di sini, bukan hanya sekadar tempat bertransaksi uang, tapi juga bertransaksi fikiran.

    Ditemui Pasundanpost.com, Sekdes Jayabakti Agus Muzamil menyampaikan, Apresiasi yang tinggi kepada karang Taruna atas gagasan dan pelaksanaan bazar ini, sehingga dapat memberikan motivasi serta mengedukasi terhadap semua unsur lapisan masyarakat. 

    " Insya alloh karena visi misi Desa Jayabakti untuk memajukan masyarakat dibidang apapun, maka kami pemerintah Desa Jayabakti akan mensuport dalam bentuk apapun semua kegiatan yang memajukan Desa Jayabakti,"jelas Agus, Senin,(13/6/2022). 

    Diakui Agus, tentunya desa tidak akan maju apabila tidak didukung oleh semua lembaganya, semoga kegiatan karangtaruna ini dapat dijadikan motivasi bagi lembaga-lembaga khususnya yang lain di Desa Jayabakti lebih maju dan berkembang,

    " Kami mengajak semua lembaga desa, mari kedapanya kita tingkatkan kerjasamanya antara semua lembaga yang di desa dan juga dengan Pemerintah Desa,  amiin," Pungkasnya. (Cking)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...

    GAYA HIDUP

    +