Notification

×

Iklan

Iklan

Jaga Kehandalan Meter Air, Perumda TJM Kabupaten Sukabumi Lakukan Tera Ulang Berjangka

Rabu, 30 Agustus 2023 | 14:58 WIB Last Updated 2023-08-31T14:55:34Z
PASUNDAN POST ■ SUKABUMI - Untuk mengantisipasi kehilangan air akibat water meter (meter air) yang tidak layak atau rusak, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi, melakukan kalibrasi atau tera ulang water meter pelanggan.

Pantauan pasundanpost.com, bagian operasi lapangan (opal) PDAM menyambangi rumah-rumah pelanggan di Perum Mutiara Bumi Metro Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, untuk melakukan kalibrasi atau tera ulang water meter. Rabu (30/8/23).

Salah satu petugas operasi lapangan (opal), Sergia Infantriad mengatakan jika sudah dilakukan tera, pelanggan akan merasa puas dan bisa mengetahui bengkaknya penggunaan air karena kebocoran instalasi atau karena alat ukurnya rusak.

"Tujuannya di kalibrasi atau dilakukan tera ulang agar meteran pelanggan tetap handal melakukan pembacaan jumlah air yang digunakan," tuturnya.

Hal senada disampaikan Direktur Tekhnik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto saat di konfirmasi melalui sambungan saluran telepon mengatakan, tim opal sengaja diturunkan untuk pengecekan water meter secara keilmuan. 

" Jadi kalo menurut kita kan bisa saja, perasaan pemakaian air sedikit tapi bayarnya banyak, kan seperti itu ya, maka sebagai salah satu patokan, dengan alat ukur tersebut, keakurasian alat water meter pelanggan dapat diketahui," jelasnya. 

Lebih lanjut, Iyus mengatakan dengan banyaknya keluhan dari pengguna PDAM maka sangat penting stand meter air dilakukan tera. Sehingga pelanggan merasa puas. Air yang dipakai setiap hari dan dibayar setiap bulan tidak lebih dan tidak kurang.

" Penting dilakukan tera, agar pelanggan merasa puas. Jika ditemukan meter air tidak layak pakai maka pihak PDAM menggantinya dengan yang baru tanpa dikenakan biaya," tegas Iyus.

Proses tera ulang dilakukan sebagai upaya pengecekan secara keseluruhan meteran pelanggan.  

"Kedepannya setiap cabang akan memiliki alat tera tersebut, sehingga akan ada kontinuitas melakukan kalibrasi atau tera ulang water meter pelanggan ". pungkasnya. 

Dengan kalibrasi dan pengujian menunjukan bahwa Perumda Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi tersebut sudah menerapkan sistem manajemen mutu, memiliki kompetensi teknis, memberikan hasil yang bermutu, termasuk untuk melengkapi administrasi yang dipersyaratkan dalam penilaian kinerja audit BPK. *(R/02).
×
Berita Terbaru Update