Notification

×

Iklan

Iklan

Membongkar Masalah Pencemaran Air, Forkopimcam Cikembar Sukabumi Susur Sungai Cibojong

Senin, 28 Agustus 2023 | 16:31 WIB Last Updated 2023-08-28T09:33:49Z
PASUNDAN POST ■ SUKABUMI - Buntut viralnya sungai Cibojong  Sukabumi tercemar, yang diduga limbah dari pemotongan batu hijau, pada vidio yang berdurasi 33 detik tersebut memperlihatkan kondisi sungai Cibojong yang berubah warna menjadi putih kehijauan.

Kapolsek Cikembar AKP. R. Panji Didampingi Kasi Trantib dan Kepala Desa Bojong Raharja melakukan susur sungai atau sidak  di sepanjang aliran sungai Cibojong yang menjadi batas alam Desa Bojong dan Desa Raharja Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Senin, (28/08/2023).

Pantauan pasundanpost, susur sungai dilakukan ke tiga titik di sepanjang bahu sungai Cibojong, dikarenakan ada pabrik yang berdiri di bahu sungai,

"Tadi saya survey ke lokasi ditemani Kepala Desa dan Kasi Trantib dengan tidak bermaksud mendahului atau melampaui kapasitas kami sebagai Forkopimcam, Karena yang berhak menilai atau melakukan penindakan yaitu Dinas Lingkungan Hidup," katanya.

Menurutnya bukan hanya pabrik pemotongan Blbatu hijau saja, terdapat juga pabrik pengolahan makanan  yang membuang limbahnya langsung ke sungai Cibojong, ada juga masyarakat yang tidak sadar akan kebersihan lingkungan Yang membuang sampah ke sungai.

"Sebagai yupoksinya masing-masing kami dari kepolisian Polsek Cikembar Mewakili, Polres Kabupaten Sukabumi, Kita Memulai Harkamtibmas, mungkin kalau dimusim kemarau tidak terlalu berdampak tapi kalau sudah dimusim penghujan akibat membuang limbah atau sampah mungkin akan berdampak kepada masyarakat yang ada di bantaran sungai maupun di hulu sungai." paparnya.

Selanjutnya Untuk teknis penanganannya dikembalikan kepada Forkopimcam.

" Kita akan berkordinasi lagi bagaimana caranya wilayah Cikembar lingkungannya tertata tertib dan masyarakatnya sadar terhadap hukum atau taat hukum". katanya.

Lebih lanjut Kapolsek Cikembar menghimbau kepada para pengusaha pemotongan batu hijau, pengusaha penholah makanan maupun masyarakat sesegera mungkin agar sampah-sampah yang di buang ke sungai Cibojong untuk di bersihkan.

"Besok pagi  hari saya akan tinjau atau pengecekan kembali, apabila masih tidak mengindahkan himbauan, kami akan berkordinasi dan besurat kepada dinas lingkungan hidup. Kamipun Nanti akan mengadakan sidak dengan dinas lingkungan hidup, adapun waktunya belum bisa kami kabarkan," tegasnya.

Sedangkan Kabid bagian Tata Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi, Suhaebot Ginting saat dihubungi melalui pesan whastapp mengatakan dalam waktu dekat Dinas Lingkungan Hidup akan turun langsung ke Sungai Cibojong.

"Secepatnya DLH akan turun kelapangan bersama stake holder terkait dengan koordinasi oleh bagian SDA, serta akan mengundang Dinas PSDA Jabar, BPDAS KLHK , Dinas DPMPTSP, Dinas Pertanahan Tata Ruang , Dinas  Perdagangan dan Perindustrian, Forkopimcam, Kepala Desa dan pengusaha dalam penanganan limbah batu hijau ini." pungkasnya. *( M. Afnan).
×
Berita Terbaru Update