Notification

×

Iklan

Iklan

Puncak HUT Ke 78 Kemenkumham Jabar, R Andika Dwi Prasetya: Bangun Komunikasi Dan Koordinasi Untuk Menunjang Keberhasilan Tugas

Selasa, 22 Agustus 2023 | 09:22 WIB Last Updated 2023-08-22T02:36:06Z


PASUNDAN POST ■ BANDUNG - Memperingati Hari Kemenkumham ke - 78 tahun 2023, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jawa Barat, menyemarakkan puncak HUT ke-78 Kemenkumham di lapangan Gasibu Bandung, pada Senin (21/8/23) kemarin.


Kegiatan upacara dengan mengusung tema "Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju". Menjadi satu - satunya upacara termegah karena upacara yang baru pertama digelar oleh Kanwil dalam HUT ke-78 Kemenkumham, dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat.


Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, R Andhika Dwi Prasetya menjelaskan, bahwa upacara peringatan hari ulang tahun Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI Ke-78 yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Jawa Barat, ia beri nama 'Upacara Sinergitas Para Juara'.


"Maknanya bahwa upacara ini adalah wahana bagi kami untuk membangun komunikasi, koordinasi hingga elaborasi dengan sesama penyelenggara pemerintahan untuk menunjang keberhasilan tugas," kata R Andika Dwi Prastya.


Ia pun menyampaikan, bahwa tugas dan fungsi Kemenkumham yang dilaksanakan oleh Kanwil Jawa Barat, sangatlah strategis dalam mendukung kesuksesan Pemerintah demi mewujudkan Provinsi Jawa Barat yang Gemah, Ripah, Repeh dan Rapih.


"Implementasi TUSI yang telah kami lakukan adalah Melaksanakan pendampingan dan harmonisasi dalam pembentukan Peraturan Daerah maupun Peraturan Kepala Daerah, melakukan Optimalisasi Layanan Administrasi Hukum Umum, Melaksanakan langkah-langkah  optimalisasi layanan pendaftaran Kekayaan Intelektual dalam rangka memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap Hak Kekayaan Intelektual milik masyarakat Jawa Barat," ucapnya.


"Dengan capaian sebagai kanwil dengan angka pendaftaran KI tertinggi di Indonesia (Pendaftar Merek 9.516, Pendaftar Paten 117, Pendaftar Paten Sederhana 200, Pendaftar Desain Industri 304, Pendaftar Cipta 11.824," tambahnya.


Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang bertindak langsung sebagai inspektur upacara mengungkapkan, rasa keterpukauannya dengan upacara Puncak HUT Kemenkumham ke - 78 Kanwil Jabar.


Pasalnya, kegiatan upacara tersebut pertama kali diselenggarakan di Indonesia secara besar-besaran dan dilaksanakan diluar kantor wilayah lengkap dengan penampilan Korps Musik (Korsik) Kanwil di Indonesia, serta seragam baru yang dikenakan pegawai Kemenkumham Jawa Barat.


"Setidaknya kegiatan ini telah menaikan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil.


Menurut Ridwan Kamil, berdasarkan data saat ini pertumbuhan ekonomi Jawa Barat merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa, dengan nilai investasi yang datang ke Jawa Barat selama kurun waktu lima tahun terakhir. Dari tahun 2023 ini pendaftaran perusahaan yang biasa di angka 5.000 kini mencapai 22.000.


"Tentunya menandakan para investor senang akan kondusifitas di Jawa Barat, karena infrastruktur lengkap, SDM sangat tinggi dan tata tertib administrasi sangat cepat, ditambah lagi Jawa Barat merupakan Provinsi dengan kategori nomor 1 (satu) untuk Keterbukaan Informasi Publik, sehingga tidak ada rahasia diantara kita," paparnya.


Ia menambahkan, saat ini Provinsi Jawa Barat sendiri masuk Indeks Demokrasi posisi kelima besar di Indonesia, Indeks Kebebasan Pers menduduki posisi 2 Nasional, Indeks Kondusifitas 87,5.


Selain itu, 83 juta pohon telah ditanam sebagai bentuk reboisasi yang menghilangkan 80.000 Ha lahan kritis menjadi lahan hijau yang sudah pasti menambah oksigen dan menekan carbon.


"Jawa Barat adalah Provinsi yang sangat luar biasa dan indah, orangnya ramah, kuliner nya banyak, alamnya sangat indah, karena semua Nikmat Dunia ada di Jawa Barat," tandasnya.(Ddy).

×
Berita Terbaru Update