Notification

×

Iklan

Iklan

Soal Pencemaram Sungai Cibojong Sukabumi, Forum Pengrajin Batu Hijau Angkat Bicara

Minggu, 27 Agustus 2023 | 23:12 WIB Last Updated 2023-08-27T16:19:56Z
PASUNDAN POST ■ SUKABUMI - Forum Pengrajin Batu Hijau angkat bicara terkait dugaan jebolnya bak penampungan limbah batu alam yang mencemari sungai Cibojong, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Henhen Suhendar,  Dewan Penasehat Forum Pengrajin Batu Hijau  membenarkan ikhwal peristiwa tersebut, Setelah melakukan penyisiran, ternyata ada kolam penampungan limbah yang jebol. Minggu (27/08/223).

"Setelah dilakukan penyisiran ternyata limbah tersebut bersumber dari salah satu penampungan limbah yang jebol milik CV Kujang Pratama, dan limbahnya ke sungai Cibojong. mungkin kerena kolamnya sudah lapuk atau sudah lama tidak di perbaharui hingga tidak bisa menahan beban air limbah, tapi sekarang kolam itu sudah di perbaiki dan mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang lagi," ungkapnya

Lebih lanjut Henhen Suhendar menanggapi jika limbah pemotongan batu hijau itu masih bisa dimanfaatkan dengan cara ditampung di bak sirkulasi. 

Limbah pemotongan batu hijau itu melalui beberapa proses dapatmenghasilkan produk tepung jiolit atau powder granular, yang manfaatnya untuk campuran pakan ternak dan treatmen seperti yang di produksi CV Alam Fajar ini, Adapun produk tepung hasilnya sudah di pasarkan ke wilayah Tangerang dan Sumatera, Jelasnya.

Agar hal ini tidak terulang, pemerintah daerah diminta untuk  lebih serius memberikan pembinaan atas hasil produksi pengelolaan limbah tersebut, melalui riset penelitian pendidikan tinggi, dapat dijadikan sebagai inovasi dalam pengembangan pemberdayaan ekonomi selain produksi batu hias, selain itu produksi pengrajin batu hijau juga bisa menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar.

"Peihal kejadian kemarin berharap tidak terulang kembali, itu murni musibah bukan faktor di sengaja. Dan Alhamdulillah sungai Cibojong sekarang sudah jernih dan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga". pungkasnya.*(M.Afnan).


×
Berita Terbaru Update