Kisah Dramatis Satgas Yonif MR 411 Kostrad Bantu Proses Persalinan Di Distrik Muting
Loading...

Kisah Dramatis Satgas Yonif MR 411 Kostrad Bantu Proses Persalinan Di Distrik Muting

Redaksi
Senin, 23 Maret 2020

  Kisah Dramatis Satgas Yonif MR 411 Kostrad Bantu Proses Persalinan Di Distrik Muting

PASUNDAN POST ■ Dramatis dan penuh perjuangan, Personel Kesehatan Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Barki, bersama dengan Bidan Puskesmas Ulilin membantu proses persalinan Ibu Eni (21 thn) warga Muting 5, Distrik Muting, yang melahirkan di Pos Barki saat sedang perjalanan di rujuk menuju ke RSUD Merauke.

Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya,  S.Sos., M.Han menjelaskan, hal itu terjadi pada hari Sabtu (22/3) pukul 14.05 WIT.

"Saat Ambulance Puskesmas Ulilin mengevakuasi pasien akan melahirkan dirujuk ke RSUD Merauke melintas di Jalan Poros Trans Papua Km 175, kemudian berhenti didepan Pos Barki dikarenakan sang ibu sudah tidak kuat lagi untuk segera melahirkan," katanya dalam keterangan yang diterima redaksi, hari ini (23/3).

Lanjutnya, atas hal tersebut kemudian Bidan yang membawa pasien meminta bantuan kepada personel Pos Barki yang sedang berjaga.

Setelah dilaporkan kepada Danki B Satgas (Danpos Barki) Lettu Inf Lukman Nurhuda, S.T. Han., diperintahkan Tim Kesehatan Pos Barki segera membawa pasien menuju ruang kesehatan pos.

"Tepat pada pukul 14.55 WIT, tangis kebahagian bercampur aduk menjadi satu, saat bayi mungil berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 2,9 kg dan panjang 48,3 cm dilahirkan secara normal dan sehat," ucap Mayor Inf Rizky.

Dia menambahkan, proses persalinan dilaksanakan di ruang Kesehatan Pos Barki yang terbilang sederhana dapat berjalan dengan normal dan lancar, 2 orang Bidan Puskemas Ulilin Ibu Devi Liana dan Ibu Seo Ambo bersama Bintara Kesehatan (Bakes) Serda Rizky Surya Bagaskara dan Tamtama Kesehatan (Takes) Pratu Candra Agus Ritanto turut membantu persalinan Ibu Eni.

Lebih lanjut Alumni Akmil tahun 2003 itu mengatakan, kesigapan yang dilakukan prajurit TNI, merupakan implementasi dari komitmen kami sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan, serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat di perbatasan RI-PNG.

Sementara itu, usai melahirkan Bidan Devi Liana menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Barki yang telah mengizinkan dan memfasilitasi tempat sekaligus membantu persalinan pasien Puskesmas Ulilin yang akan dirujuk ke RSUD Merauke dengan lancar dan normal.

Bapak Madi (33 tahun) yang merupakan suami dari Ibu Eni menyampaikan, ucapan terimakasih kepada bapak-bapak TNI yang telah membantu kelancaran proses persalinan istri tercintannya.

"Saya sangat bahagia sekali atas kelahiran putri kedua saya ini, terima kasih banyak bapak-bapak TNI yang dengan sigap langsung membantu proses persalinan istri saya," tutur Pak Madi.

■ R/01/Penkostrad