-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | SUARA ASPIRASI JAWA BARAT
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Dokter Rekomendasikan Penggunaan Sabun Antiseptik untuk Hambat Pertumbuhan Virus

    Redaksi
    Kamis, 16 April 2020, 15:24 WIB Last Updated 2020-04-16T08:24:27Z

    PASUNDAN POST ■ Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi FKUI, dr Anis Kurniawati, Sp.MK mengatakan di saat data efektivitas terhadap SARS-CoV-2 masih terbatas, penggunaan antiseptik dengan aktivitas mikrobisidal yang berspektrum luas, seperti contohnya Povidone-Iodine dapat mendukung dalam mencegah penyebaran infeksi saat wabah COVID-19.

    Educator & Trainer Mundipharma, dr. Mery Sulastri, mengatakan ‘The Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC) dan The US Centers for Disease Control (CDC) merekomendasikan penggunaan sabun antiseptik untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan organisme dan mengurangi jumlah mikroba lebih lanjut.

    Salah satu antiseptik, Povidone-Iodine (PVP-I), terbukti secara klinis memiliki spektrum luas terhadap virus, bakteri, dan kuman pathogen termasuk SARS-COV dan MERS-COV.

    Dalam riset secara in vitro menunjukan indikasi bahwa PVP-I skin cleanser 7,5% dan PVP-I Gargle and Mouthwash 1% efektif melawan SARS COV, dan MERS CoV.

    “Melihat penelitian secara in vitro yang telah terbukti dari PVP-I, saya yakin metode tersebut efektif untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran virus dari udara/tetesan yang mengandung virus dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Metode tersebut juga berpotensi dapat mengurangi viral load COVID-19 pada hidung, nasofaring dan orofaring dengan demikian dapat membantu mengurangi infektivitas individu yang terinfeksi di komunitas dan membantu memutus pandemi COVID-19. Selain itu sebuah RS di UK juga telah menggunakan Povidone – Iodine selama pandemi COVID-19 untuk melindungi petugas kesehatan dan mengurangi infeksi silang,” ungkap Dr Mery.

    Dr Mery menjelaskan dari riset tersebut menunjukkan jika infeksi virus seperti coronavirus (hCOV, SARS-COV, dan MERS-COV) dapat dicegah dengan menjaga kebersihan diri dengan cara menjaga kebersihan tangan dengan mencuci menggunakan sabun antiseptik yang mengandung povidone iodine dan atau dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70%.

    “Mari menjaga kebersihan saluran pernafasan salah satunya menggunakan preparat alami dengan kandungan iota caragenan yang memiliki efek antivirus,” katanya.

    Selain itu, kata Dr Mery, menjaga kebersihan rongga mulut dan tenggorok dengan berkumur (gargle) menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung povidone iodine.

    ”Hidung adalah salah satu jalur utama masuknya penyebab COVID-19 oleh karena itu kebersihan saluran pernapasan sangat penting. Untuk kebersihan saluran pernapasan, sebuah riset menunjukkan jika Iota Carrageenan memberikan efek antivirus terhadap sejumlah besar virus yang menyebabkan penyakit penapasan termasuk common cold dan influenza, termasuk human coronavirus.,” tambah Dr Mery.

    “Dengan edukasi ini, kami optimis tanaga kesehatan akan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik dan membawa Indonesia cepat terbebas dari COVID-19," pungkasnya. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...

    GAYA HIDUP

    +