Pasca Diberlakukan PSBB, Jumlah Pasien Positif Corona di RS Turun
Loading...

Pasca Diberlakukan PSBB, Jumlah Pasien Positif Corona di RS Turun

Redaksi
Selasa, 12 Mei 2020


PASUNDAN POST ■ Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan saat ini jumlah pasien positif corona yang dirawat di rumah sakit di wilayah Jawa Barat mengalami penurunan dibandingkan pada akhir April 2020.

"Saya laporkan per tanggal 12 Mei 2020 ini, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rata-rata di angka 350-an. Jumlah ini turun dibandingkan di rentan April 2020 itu bisa mencapai 430-an," kata Kang Emil saat menyampaikan evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar Provinsi Jabar, di Bandung, pada Selasa (12/5/2020).

Dari hal tersebut, kata Kang Emil, diketahui bahwa selama PSBB berlangsung di Jabar jumlah pasien positif corona yang dirawat di rumah sakit mengalami penurunan.

"Alhamdulillah, turun bukan naik dan puncaknya (pasien positif corona dirawat di rumah sakit) itu ada di akhir April 2020," kata dia.

Sementara itu, lanjut Kang Emil, untuk tingkat kesembuhan di wilayah Jawa Barat meningkat setelah diadakannya PSBB.

"Lalu tingkat kematian turun dari tujuh sekian pasien per hari menjadi empat pasien per hari yang meninggal dunia. Alhamdulillah tingkat kesembuhan juga naik hampir dua kali lipat," kata dia.

Dia menuturkan tingkat kecepatan virus corona setelah PSBB juga mengalami penurunan dari indeks 3 menjadi 0,86.

"Tingkat kecepatan virus yang sebelum PSBB itu ada di kecepatan indeks 3 untuk reproduksi COVID-19 sekarang sudah turun 0,86. Alhamdulillah sekali sudah turun jauh sekali. Ini menandakan sebelum PSBB karena banyak orang kecepatan penularan sangat tinggi, sekarang PSBB dilarang mudik jadi turun kecepatan penurunannya," kata dia. (Antara/R-01)