Notification

×

Iklan

Iklan

Tanda-tanda HP Android Anda Memiliki Virus Malware

Rabu, 22 Juli 2020 | 11:30 WIB Last Updated 2021-10-05T16:53:24Z
   Tanda-tanda HP Android Anda Memiliki Virus Malware

PASUNDAN POST ■ Lindungi ponsel Android Anda dari malware. 4 tanda Anda memilikinya, dan apa yang harus dilakukan. Anda harus hentikan membanjirnya iklan yang mengganggu, dan jauhkan peretas untuk mencuri info Anda.

Malware Android bisa sulit dikenali. Misalnya, aplikasi seluler yang disebut Ads Blocker mengiklankan dirinya sebagai layanan yang berguna untuk mengurangi iklan seluler sial, yang dapat muncul untuk menutupi layar Anda tepat ketika Anda akan mengakses sesuatu yang penting.

Pada kenyataannya, aplikasi itu adalah malware yang hanya menayangkan lebih banyak iklan, menurut peneliti keamanan.

Ini hanyalah salah satu contoh malware yang dapat membuat frustasi pengguna Android, mengganggu mereka dengan iklan yang dibayar oleh pembuatnya untuk ditampilkan, bahkan ketika pengguna melihat aplikasi yang tidak terkait. Malware sering juga memanen klik palsu pada iklan, menggandakan nilai malware mereka.

"Mereka menghasilkan uang," kata Nathan Collier, seorang peneliti di Malwarebytes yang membantu mengidentifikasi pemblokir iklan palsu pada November 2019, "dan itulah nama permainannya."

Para peneliti mengatakan adware seperti Ads Blocker adalah jenis malware yang paling umum di perangkat Android. Namun, aplikasi jahat lainnya dapat melakukan hal-hal yang lebih buruk daripada membuat ponsel Anda begitu frustrasi untuk digunakan sehingga Anda ingin Hulk keluar dan menghancurkannya - seperti mencuri informasi pribadi dari ponsel Anda.

Malware dapat membingungkan, menghalangi cara Anda biasanya menggunakan telepon dan membuat Anda merasa tidak nyaman bahkan jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan masalah. Ini juga sangat umum.

Malwarebytes mengatakan, menemukan hampir 200.000 total malware di perangkat pelanggan pada Mei dan kemudian lagi pada Juni. Jadi bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki malware di ponsel Anda, dan bagaimana Anda bisa menghentikannya? Berikut ini beberapa takeaways dari pakar malware seluler tentang apa yang dapat Anda lakukan.

Cara kerja malware di ponsel Anda

Malware mobile biasanya mengambil satu dari dua pendekatan, kata Adam Bauer, seorang peneliti keamanan untuk perusahaan keamanan mobile Lookout. Jenis malware yang pertama menipu Anda untuk memberikan izin yang memungkinkannya mengakses informasi sensitif.

Di situlah aplikasi Pemblokir Iklan cocok, dan banyak izin yang diminta terdengar seperti sesuatu yang dibutuhkan oleh pemblokir iklan. Sayangnya, mereka juga membiarkan aplikasi berjalan terus-menerus di latar belakang dan menampilkan iklan kepada pengguna bahkan ketika mereka menggunakan aplikasi yang tidak terkait.

Jenis malware kedua mengeksploitasi kerentanan di ponsel, mendapatkan akses ke informasi sensitif dengan memberikan hak istimewa administrator itu sendiri. Itu mengurangi kebutuhan untuk membuat pengguna mengklik "OK" pada permintaan izin, membuatnya lebih mudah bagi malware untuk berjalan tanpa pengguna memperhatikan keberadaannya pada perangkat.

Tanda-tanda malware

Berikut adalah tanda-tanda Anda memiliki malware di ponsel Anda:

Anda melihat iklan terus-menerus, apa pun aplikasi yang Anda gunakan.
Anda memasang aplikasi, dan kemudian ikon segera menghilang.
Baterai Anda terkuras lebih cepat dari biasanya.
Anda melihat aplikasi yang tidak Anda kenal di ponsel Anda.
Ini semua adalah tanda-tanda mengkhawatirkan yang berarti Anda harus menyelidiki lebih lanjut.

Ransomware di ponsel Android

Jenis malware lain adalah ransomware. Para korban biasanya melihat file mereka dikunci dan tidak dapat digunakan. Biasanya, pop-up menuntut pembayaran dalam bitcoin untuk mendapatkannya kembali. Untungnya, sebagian besar ransomware Android hanya dapat mengunci file pada penyimpanan eksternal seperti foto, kata Bauer.

Apa yang bisa dilakukan malware seluler

Selain membuat Anda sengsara dengan iklan yang konstan, malware seluler dapat mengakses informasi pribadi. Sasaran umum meliputi:

Kredensial perbankan Anda
Informasi perangkat Anda
Nomor telepon atau alamat email Anda
Daftar kontak Anda
Peretas dapat menggunakan informasi ini untuk berbagai tugas jahat. Mereka dapat melakukan pencurian identitas dengan kredensial perbankan Anda; mereka dapat menjual perangkat Anda dan informasi kontak sampai Anda dibanjiri dengan robocall, teks dan, oh yeah, lebih banyak iklan; dan mereka dapat mengirim tautan untuk lebih banyak malware ke semua orang di daftar kontak Anda.

Jika Anda mencurigai informasi Anda telah terperangkap dalam mesin robocall, Anda dapat melihat apa yang ditawarkan oleh operator telepon Anda untuk membantu menjaga panggilan telepon yang mengganggu tetap minimum. Misalnya, pelanggan T-Mobile, Sprint dan MetroPCS akan memiliki akses ke Scam Shield, aplikasi gratis yang diumumkan pada bulan Juli.

Cara Menghentikan Malware Seluler di Ponsel Android Anda

Apakah Anda merasa sudah memiliki malware di perangkat Android atau hanya ingin melindungi diri sendiri, ada beberapa langkah jelas yang bisa Anda ambil.

Pertama, perbarui peranti lunak ponsel Anda. Pakar keamanan secara konsisten memberi peringkat OS saat ini dan aplikasi yang diperbarui sebagai salah satu langkah paling penting yang dapat dilakukan pengguna untuk melindungi perangkat dan akun mereka.

Jika Anda sudah menjalankan malware di ponsel Anda, pembaruan perangkat lunak dari pembuat ponsel Anda - katakanlah Android 10 atau Android 11 yang akan datang - dapat menambal kerentanan dan memotong akses yang dinikmati oleh perangkat lunak berbahaya. Pembaruan juga dapat menjaga malware agar tidak bekerja sejak awal.

Selanjutnya, tinjau izin apa yang dimiliki aplikasi Anda. Apakah aplikasi game memiliki kemampuan untuk mengirim pesan SMS? Itu mungkin tidak perlu dan bisa menjadi bendera merah, kata Bauer. Ingatlah hal ini ketika menginstal aplikasi di masa depan juga.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menginstal aplikasi antivirus. Layanan ini kadang-kadang dapat memperlambat ponsel Anda, dan mereka memang memiliki akses tinggi ke ponsel Anda untuk mengetahui perilaku jahat dan memperingatkan Anda, jadi Anda harus memilih yang Anda percayai. Dan Anda mungkin ingin memilih opsi berbayar jika Anda bisa, baik untuk membuka kunci semua fitur terbaik dan menghindari melihat lebih banyak iklan.

Aplikasi dapat memperingatkan Anda tentang malware di ponsel Anda dan menawarkan layanan pelanggan ketika Anda harus berurusan dengan sesuatu yang jahat. Paling tidak, Anda dapat menggunakan program terkenal seperti Malwarebytes, Norton, Lookout atau Bitdefender untuk memindai perangkat Anda jika Anda merasa sudah menginstal malware.

Terakhir, Anda dapat menyingkirkan atau menghindari aplikasi Android yang diunduh dari toko aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini tidak melalui peninjauan oleh Google dan dapat dengan lebih mudah menyelinap perangkat lunak berbahaya ke telepon Anda.

Google tidak menangkap semuanya, karena laporan tentang aplikasi Android berbahaya dihapus dari acara Play store, tetapi tetap menggunakan Google Play Store - dan memiliki outlet langsung untuk melaporkan masalah yang Anda temui - adalah garis pertahanan lebih lanjut. (R-01)

×
Berita Terbaru Update