Notification

×

Iklan

Iklan

Satgas Yonif 413 Kostrad Obati Pemuda Sakit Malaria di Distrik Muara Tami

Senin, 30 November 2020 | 07:37 WIB Last Updated 2021-10-05T16:53:24Z
 
Satgas Yonif 413 Kostrad Obati Pemuda Sakit Malaria di Distrik Muara Tami

PASUNDAN POST ■ Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad membantu pemuda kampung yang mengalami sakit malaria di Pos Satgas Mosso Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han menyampaikan hal tersebut dalam keterangannya dari Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, pada Sabtu (28/11/2020).

Dia mengatakan bahwa setelah kedua pemuda tersebut dilakukan Rapid Diagontic Test (RDT) hasilnya menunjukkan keduanya mengidap Malaria Tropika. 

"Kebetulan stock RDT Malaria kami berlebih yang merupakan bantuan dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura, jadi kami dapat langsung mengetahui kedua pemuda tersebut positif mengidap malaria," ungkapnya.

Diketahui pemuda yang mengeluhkan malaria tersebut bernama Saban Nutafua (24) yang diantar oleh kedua rekannya bernama Alberto (26) dan Rafael (22) yang memang sudah akrab sebelumnya bersama anggota Pos karena keduanya sering berolahraga bersama anggota Pos. 

"Dikarenakan hasil RDT menunjukan positif, untuk itu kami sementara di rumah sehat Pos Mosso dengan menginfusnya selama semalam. Cairan Infus tersebut kami beri parecetamol untuk menghilangkan demam dan kami beri obat doksisiklin sebagai obat anti malaria," jelas Letda Inf Hary Bagus, selaku Komandan Pos.

Sementara itu, salah satu pemuda yang mendapat pertolongan pertama bernama Saban menyampaikan, setelah diberikan cairan Infus, demamnya menjadi tidak begitu terasa, namun masih dirasa sakit pada bagian persendian dan tulang. 

"Terima kasih Pos Satgas Mosso telah merawat saya. Semoga bisa segera sembuh seperti semula," ucapnya. (pen/r-01)
×
Berita Terbaru Update