-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | SUARA ASPIRASI JAWA BARAT
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Wagub Jabar Minta Pemda Sukabumi Memanfaatkan Tanah Lahan Mati Untuk Pertanian

    Redaksi Jabar
    Minggu, 14 Februari 2021, 17:33 WIB Last Updated 2021-02-24T05:09:04Z
    Wagub Jabar Minta Pemda Sukabumi Memanfaatkan Tanah Lahan Mati Untuk Pertanian

    PASUNDAN POST ■ Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum hari ini, Minggu (14/2) berkunjung ke Area Pemukiman Karyawan PTPN VIII, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi.

    Selain silahturahmi, Wagub menggelar dialog dengan petani dan warga, dan mendapat keluhan bahwa pendapatan petani ikut terdampak pandemik COVID-19.

    Wagub pun menyemangati petani dan menegaskan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar akan terus berupaya mendorong sektor pertanian termasuk di Sukabumi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Apalagi, pertanian menurutnya merupakan penyokong kebutuhan dasar bagi manusia yaitu pangan.

    “Sukabumi miliki potensi pertanian dan pariwisata luar biasa. Diharapkan ada inovasi untuk kemajuan Sukabumi,” kata Kang Uu.

    Oleh sebab itu, Wagub minta Sektor pertanian di Sukabumi  jangan diabaikan karena berkaitan kebutuhan manusia.

    Menurutnya, di era digital ini pertanian tidak serta-merta ditinggalkan. Pemda Provinsi Jabar pun terus melahirkan berbagai inovasi dan program unggulan pertanian, termasuk Petani Milenial, agar semangat bertani tetap ada.

    “Kita harus ada inovasi. Kalau begitu- begitu saja hasilnya juga akan biasa saja,” terangnya memberi motivasi. Dan yang terpenting harus ada gairah petani untuk semangat bertani. 

    Terkait hal ini, Wagub Jabar berharap Pemda Sukabumi memaksimalkan tanah lahan mati guna dimanfaatkan untuk pertanian.

    “Tentu harus (bisa dimanfaatkan) tanpa merusak lingkungan,” harapnya.

    Beberapa kawasan yang mendapat perhatiannya yakni kawasan Sukabumi Utara, terdapat perkebunan teh, cabai, bawang, bawang daun, kol, sawi, serta tanaman pangan lainnya bisa ditingkatkan.

    Wagub juga mendorong pemanfaatan lahan untuk kawasan wisata mulai dari agrowisata hingga ekowisata. Pemda Provinsi Jabar juga tengah gencar menggali potensi Desa Wisata di berbagai daerah.

    “Semua itu tujuannya adalah pemerataan ekonomi. Karena di Jawa Barat ini ekonomi meningkat, tapi kurang merata,” ujarnya.

    Wagub menilai Sukabumi Utara miliki potensi wisata luar biasa di samping agrowisata, karena tempatnya yang indah, sejuk, dan pemandangan bagus.

    Menanggapi harapan Wagub, Staf Ahli Bupati Sukabumi Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Dana Budiman menyatakan bahwa saat pandemik ini merupakan momentum bagi para petani untuk  lebih semangat meningkatkan produksi pertanian.

    Untuk itu, pihaknya berharap agar Pemda Provinsi Jabar memberikan beragam bantuan guna mendorong produktivitas pertanian dan sekaligus mendorong agrowisata di Sukabumi. (R-01)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...