Notification

×

Iklan

Iklan

Jenazah TKW Cianjur Tiba Dirumah Duka, Tangis Keluarga Pecah Saat Menyambut Jenazah

Senin, 22 Maret 2021 | 16:50 WIB Last Updated 2021-10-05T17:16:20Z
Jenazah TKW Cianjur Tiba Dirumah Duka, Tangis Keluarga Pecah Saat Menyambut Jenazah

Pasundan Post ■ Seorang pekerja migran Indonesia (PMI)  asal Kabupaten Cianjur, bernama Dewi Sadiah Binti Karja Arsa meninggal dunia di Kota Riyadh negara penempatan Arab Saudi. 

Tangis keluarga dan kerabat pecah saat jenazah Dewi tiba di rumah duka yang berada di Kampung Cimahi Kulon, Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, pada Sabtu (20/3/2021).

Ketua DPW LSM FPMI Jawa Barat, Dhani Rahmad mengungkapkan, Dewi meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. 

"Informasi yang kita dapat, almarhumah sakit sesak napas dan lambung kronis," kata Dhani kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Dewi diketahui sudah bekerja di Arab Saudi sejak Agustus 2019, bekerja sudah 17 bulan dan meninggal dua bulan lalu. Jenazah Dewi sampai di Bandara pada Sabtu pukul 1:30 Wib, dan langsung diantarkan kerumah duka. 

"Alhamdulilah proses pemulangan jenazahnya ke Tanah Air berjalan lancar, Meski sempat tertahan di sana, karena adanya salah paham dengan pihak Aktivis BMI yang diarab saudi. Beruntung pihak KBRI membantu kami," kata dia. 

Rencananya, jenazah Dewi akan dikuburkan di tempat pemakaman umum yang tak jauh dari rumah duka.

"Jenazah Dewi sampai dirumah duka sekitar pukul 10:00 WIB, dan langsung dikuburkan,"ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Dhani, almarhumah Dewi akan dimakamkan di Arab Saudi. Namun, pihak keluarga meminta bantuan agar jenazah bisa pulang dan dimakamkan di Kampung halamannya. 

"Keluarga memberikan kuasa supaya memproses kepulangannya. Alhamdulilah prosesnya berjalan dua bulan hingga jenazah Dewi sampai kerumah duka,"tuturnya. 

Dhani menjelaskan, jenazah bisa pulang karena bantuan dari berbagai pihak, sehingga bisa pulang cepat dan tidak ada hambatan.

"Kami mewakili keluarga jenazah mengucapkan terimakasih kepada, KBRI Arab Saudi, KJRI, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Tenaga Kerja, BP2MI dan pihak-pihak terkait yang telah membantu proses kepulangan Jenazah Dewi hingga kerumah duka,"ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur,  Endang Solehudin mengatakan, pihaknya sebagai kepala Desa Jayagiri mewakili keluarga jenazah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DPW LSM FPMI Jawa Barat dan tim lainnya, yang sudah membantu kepulangan jenazah.

"Jenazah warga Desa Jayagiri, sehingga saya mengapresiasi kerja keras tim yang sudah mengupayakan kepulangan hingga sampai dirumah duka. Selain itu, kedepannya saya akan berkoordinasi terus dengan FPMI bila ada warga saya yang mengalami permasalahan diluar negeri," pungkasnya. 

■ Deddy/PP
×
Berita Terbaru Update