Notification

×

Iklan

Iklan

Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi Tertutup Longsor, Bina Marga: Sudah Bisa Dilalui

Rabu, 01 Maret 2023 | 21:15 WIB Last Updated 2023-03-01T14:21:13Z
PASUNDAN POST ■ SUKABUMI - Sekitar 5 jam jalur Geopark Ciletuh, tepatnya tanjakan Cipeucang, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tertutup longsor, Rabu (1/3/2023).

Menurut Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan wilayah 4 PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna, longsor terjadi sekitar pukul 04.00 WIB dini hari tadi.

Lalu lintas sempat terputus dan menyebabkan akses penghubung dua desa antara Desa Tamanjaya dan Mekarsakti sempat terputus. Saat ini, kata Entis, jalan sudah bisa dilalui.

"Hari ini terjadi longsor susulan terjadi sekitar jam 4 subuh, lalu lintas sempat terhenti dari mulai jam 4 sampai jam 10. Alhamdilillah berkat kesigapan dan komunikasi dengan semua pihak, kita tentunya kolaboratif dengan Forkopimcam dan BPBD serta Bina Marga Cabang Ciemas, alhamdulillah semua sudah terlesaikan," ujarnya via telepon.

Entis menjelaskan, material longsor berhasil disingkirkan menggunakan whell loader. Saat ini aktivitas masyarakat kembali normal.

"Upaya yang dilakukan kami dari Bina Marga menurunkan whell loader dan alhamdulillah sekarang sudah bisa dilalui, lalin sudah mulai bisa dilintasi jam 10.15 WIB," jelasnya.

Namun, pihaknya tetap mengimbau agar pengendara berhati-hari, dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini masih berpotensi terjadi longsor susulan.

"Imbauan untuk pengguna jalan mohon berhati-hati ketika melintas di daerah rawan bencana jika hujan lebat, lebih baik ke pinggir dulu untuk rest, berpikir dulu untuk dilanjutkan, di situ jalannya rawan bencana," ucap Entis.*(M.Afnan)
×
Berita Terbaru Update