Notification

×

Iklan

Iklan

Satgas Yonif 310/KK, Dinas Kesehatan Dan Puskesmas Yabanda Distrik Yaffi Keerom Papua Lakukan Skrining di Perbatasan RI-PNG

Rabu, 13 September 2023 | 22:06 WIB Last Updated 2023-09-13T15:08:14Z
Keerom - Dalam rangka menyukseskan Program Nasional Indonesia Sehat serta mengaplikasikan kegiatan Lintas Sektoral bidang Kesehatan, Satgas Yonif 310/KK menggaet Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Keerom dan Puskesmas Yaffi laksanakan Skrining dan pemeriksaan kesehatan di Kampung Yabanda Distrik Yaffi Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (13/9/2023).

Hal ini dikatakan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrick Fachrizal dalam keterangan tertulisnya di Makotis di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang bahwa kegiatan ini melibatkan 3 Pos Satgas Pamtas Yonif 310/KK yaitu Pos Yabanda, Pos Karang, Pos KM 140 dan di pimpin langsung oleh Komandan Kompi 1 Lettu Inf Subhanudin.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan penjaringan kesehatan (skrining) ini meliputi pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM), Penyakit menular seperti Malaria, TBC, HIV serta pemeriksaan gula darah, kolesterol,  asam urat dan kesehatan jiwa.

"Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sekaligus mendeteksi status kesehatan masyarakat wilayah perbatasan dan kami akan selalu bersinergi dengan instansi terkait di bidang kesehatan demi menyukseskan Program Pemerintah yaitu Program Nasional Indonesia Sehat," jelas Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Sementara itu, Lettu Inf Subhanudin selaku Komandan Kompi 1 yang sekaligus memimpin kegiatan tersebut menambahkan kegiatan skrining ini bertempat di Balai Warga Kampung Yabanda, Skrining dilakukan kepada 65 orang warga.

"Kami dibantu oleh 5 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom dan 4 orang tenaga medis Puskesmas Yaffi," tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan didapatkan sejumlah 40 warga terjaring diantaranya 6 orang Malaria, 1 orang Kusta, 19 orang ISPA, 2 orang Gea, 9 orang Myalgia dan 3 orang Cacingan.

Terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Keerom Mohammad Asri, S.Kep., Ners, mengatakan bahwa hasil dari kegiatan Skrining tersebut akan dijadikan sebagai dasar rekomendasi penentuan program dan kebijakan bidang kesehatan kedepan sehingga seluruh program kesehatan dapat dilaksanakan dengan tepat waktu, tepat sasaran, tepat guna dan tepat manfaat. *(M.Afnan/Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK).
×
Berita Terbaru Update