Notification

×

Iklan

Iklan

Amankan Pemilu 2024, Sebanyak 770 Anggota Gabungan di Terjunkan

Selasa, 13 Februari 2024 | 08:34 WIB Last Updated 2024-02-14T03:58:36Z
CIANJUR - Kepolisian Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat, siap memaksimalkan pengamanan di Tempat Pemungutan suara (TPS) agar penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Kapolres Cianjur AKBP Azshari Kurniawan mengatakan, apel pergeseran pasukan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka kesiapan personel yang tergabung dalam satgas Oprasi Mantap Brata Lodaya 2024.

"Khusus kesiapan seluruh personel yang akan dilibatkan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di TPS-TPS, termasuk kesiapan peralatan dan prasarana lain yang akan digunakan oleh satgas operasi baik perorangan maupun kesatuan serta fungsi pendukung lainnya," kata Azshari.

Azshari menjelaskam, jumlah kantong tempat pemungutan suara diwilayah Kabupaten Cianjur terdapat 7.278 TPS, sementara jumlah personel gabungan terdiri dari POLRI, TNI, Linmas wilayah dan unsur lain yang di libatkan sebanyak 770 personel.

"Untuk personil Polri terdiri dari 538 anggota sementara sisanya sebanyak 232 anggota terdiri dari TNI , Linmas dan unsur lainnya. Mereka nantinya akan mengamankan langsung di TPS - TPS yang ada di Kabupaten Cianjur," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, Azshari pun menyampaikan beberapa arahan guna terciptanya efektifitas dan keberhasilan dalam pelaksanaan tugas. Diantaranya yaitu untuk segera menguasai karakteristik daerah dan kultur sesuai pola pengamanan TPS masing- masing dan beradaptasi dengan lingkungan penugasan serta menghindari adanya tindakan tindakan yang dapat terjadi komplain dari masyarakat setempat.

Azshari pun berpesan, untuk tetap  menjaga netralitas Polri selama pelaksanaan pengamanan pemilu 2024 serta pahami pasal-pasal pelanggaran dan tindak pidana pemilu sesuai undang- undang yang berlaku.

"Saya minta kepada setiap anggota untuk mencatat dan melaporkan setiap perkembangan dari hasil pelaksanan pengamanan TPS serta cepat kenali ketua KPPS dan anggotanya, Linmas yang bertugas di TPS, ketua RT/RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di sekitar TPS. Serta lakukan pendekatan dan koordinasi terhadap masyarakat di sekitar TPS yang memiliki sarana telepon, sebagai tempat pelaporan cepat jika ada hal yang menonjol untuk diantisipasi,"tandasnya.

Dalam apel siaga tersebut turut dihadiri oleh Bupati Cianjur H. Herman Suherman, Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur Yudi Prihastoro, Dandim 0608 Cianjur Letkol Kav Yerry Bagus Merdianto, Kasdim 0608 Cianjur Mayor Chb Khoirulloh Amin, Para PJU Polres Cianjur, Para Kapolsek Jajaran Polres Cianjur dan diikuti oleh Para personel Polres Cianjur, Personel Kodim 0608/Cianjur, Personel Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur serta Personel Dishub Kabupaten Cianjur.(Ddy)

×
Berita Terbaru Update