Notification

×

Iklan

Iklan

Ratusan Calon Jama,ah Haji Menjalani Vaksinasi Meningitis di Puskesmas Cipendawa

Jumat, 19 April 2024 | 09:55 WIB Last Updated 2024-04-19T15:20:01Z
CIANJUR - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cipendawa laksanakan Vaksinasi bagi para calon jama,ah haji Kabupaten Cianjur, pada Kamis (18/4/24) kemarin.

Kepala Puskesmas Cipendawa Agus Suhendar mengatakan, Vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya mitigatif bagi para jamaah haji untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit meningitis saat ibadah Haji nanti.

"Total yang hari ini kita Vaksinasi meningitis untuk calon jama,ah haji yang ada di beberapa Kecamatan terdapat 206 orang," ujarnya kepada wartawan.

"Selain Vaksinasi meningitis kita juga menawarkan Vaksinasi Influensa bagi calon jama,ah haji 2024 ini," tambah Agus.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Frida Laiya Yahya mengungkapkan, dalam satu pekan ini sebanyak 1145 calon haji akan melakukan Vaksinasi Meningitis dan Vaksinasi Influensa.

Menurut Frida, dari 1145 jama,ah itu masing masing akan di Vaksin di empat tempat Puskesmas yang sudah ditunjuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur.

Diantaranya, Lanjut Frida, Puskesmas Cibeber sebanyak 300 orang, Puskesmas Karangtengah sebanyak 337 orang, Puskesmas Cipendawa sebanyak 206 orang dan Puskesmas Muka sebanyak 302 orang.

"Ini keberangkatan pertama kloter tujuh JKS itu tanggal masuk asrama tanggal 13 Mei nanti,"paparnya.

Frida menerangkan, sementara untuk Vaksinasi meningitis sendiri diberikan untuk semua usia calhaj. Meski sebelum dilakukan vaksin pihaknya akan melakukan screening dahulu untuk memastikan kesiapan calon jama,ah haji.

"Apakah itu memungkinkan untuk divaksin atau tidak karena kita juga harus mengkonsultasikan ke dokter spesialis kalau memang itu tidak memungkinkan untuk divaksin nanti," ucapnya.

Frida menambahkan, Vaksinasi calon jama,ah bersifat wajib sebagaimana yang sudah diatur didalam undang undang tentang kesehatan.

"Aturannya itu wajib kalau untuk meningitis karena nanti bertemu dengan sekian banyak orang disana dari berbagai Negara mungkin juga membawa virus membawa kuman yang salah satunya nanti bisa diserang penyakit meningitis itu,"tandasnya.(***)
×
Berita Terbaru Update