Tokoh Adat Suku Kamoro Serahkan Lahan Pembangunan Kogabwilhan III Ke Panglima TNI
Loading...

Tokoh Adat Suku Kamoro Serahkan Lahan Pembangunan Kogabwilhan III Ke Panglima TNI

Redaksi
Rabu, 19 Februari 2020

  Tokoh Adat Suku Kamoro Serahkan Lahan Pembangunan Kogabwilhan III Ke Panglima TNI

PASUNDAN POST ■ Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis bersama rombongan menghadiri acara Penyerahan Lahan Kogabwilhan III di Jalan Poros Sp 5 Kampung Limau Asri Timur, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, pada Rabu (19/02/2020).

Penyerahan lokasi lahan secara simbolis tersebut digunakan untuk alokasi Pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III di Timika.

Menurut Philipus  Manemeyau, salah satu tokoh masyarakat mengatakan, tanah yang diberikan kepada TNI sebagai lahan pembangunan tersebut berharap masa yang akan datang masyarakat Timika menjadi aman karena adanya TNI-Polri di dekat masyarakat.

Panglima TNI dan Kapolri yang didampingi Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw serta Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI Herman Asaribab pada sambutannya menyampaikan berterima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Philipus Manemeyauw sebagai warga negara sekaligus sebagai seorang pemegang hak ulayat dan beliau telah memfasilitasi penyediaan lahan yang dibutuhkan oleh Bangsa dan Negara.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Mimika atas terselenggaranya atau dibangunnya Markas Komando Kogabwilhan III di Kabupaten Mimika,” kata Panglima TNI.

Dia menambahkan, harapan atas diberikannya lahan ini ialah sebagai bagian pengembangan Organisasi. Disamping sebagai Markas Komando untuk pertahanan dan keamanan, ini juga diharapkan dapat memberikan pengaruh kepada Masyarakat untuk menjadi anggota TNI dan Polri sehingga kedepannya banyak perwira-perwira yang dilahirkan asli Orang Papua.

Keikutsertaan masyarakat untuk menyediakan lahan pembangunan Markas Komando gabungan ini juga menunjukkan kecintaan dan rasa memilliki kepada Pihak Keamanan Republik Indonesia.

Setelah penyambutan, acara dilanjutkan dengan prosesi foto bersama dan penyulusan api yang dilakukan oleh Panglima TNI dan Kapolri dan selanjutnya menuju ke Hanggar Bandar Udara Mozes Kilangin untuk bertolak kembali ke Jakarta.

■ Dasep/PP/Bidhum