-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDANPOST.COM | SUARA ASPIRASI JAWA BARAT
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Dewan Pers: Wartawan Rawan Terpapar Covid-19

    Redaksi
    Senin, 16 Maret 2020, 10:31 WIB Last Updated 2020-03-16T03:31:58Z

    PASUNDAN POST ■ Sebaran virus corona baru atau Covid-19 yang masif membuat para penyaji berita atau wartawan menjadi dilema.

    Di satu sisi punya tanggung jawab untuk menyajikan informasi akurat kepada masyarakat, di sisi lain khawatir turut jadi korban yang terjangkit virus mematikan asal Wuhan, China. 

    Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers, Agus Sudibyo mengingatkan kepada rekan wartawan bahwa masyarakat sangat membutuhkan informasi terkini soal wabah Covid-19.

    Ini artinya wartawan harus tetap bekerja mencari, mengolah dan menyajikan berita.

    “Sebagian bahkan harus tetap bekerja di lapangan untuk menembus sumber, meliput on the spot dan memantau keadaan,” terangnya dalam akun Facebook pribadi, Senin (16/3).

    Agus Sudibyo menyadari bahwa wartawan memang menjadi rawan terpapar Covid-19 jika terjun ke lapangan. Namun demikian, di satu sisi masyarakat juga berhenti disajikan informasi yang akurat.

    “Bahkan (sajian informasi) semakin urgent di kala situasi genting seperti sekarang ini,” tambah Head of New Media Research Center Akademi Televisi Indonesia (ATVI) itu.

    Untuk itu, dia meminta kepada wartawan yang bertugas untuk tetap menjaga kondisi kesehatan. Wartawan tidak boleh memaksakan diri saat keadaan tubuh sudah memberikan sinyal untuk istirahat.

    “Periksakan diri ketika ada tanda-tanda mencurigakan dalam tubuh anda,” saran Agus Sudibyo.

    Menurutnya, perusahaan media bertanggung jawab untuk menjamin keselamatan para wartawan, khususnya yang bekerja di lapangan.

    Namun yang tak kalah penting, lanjutnya, wartawan jangan sampai menyebarkan informasi spekulatif, simpang siur, hoaks.

    “Wartawan, pers adalah garda depan bangsa Indonesia dalam mengatasi pagebluk (wabah) corona ini. Mari berkontribusi sesuai dengan bidang masing-masing,” pungkasnya. 

    JBN



    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...

    GAYA HIDUP

    +