Notification

×

Iklan

Iklan

Golongan Darah O Lebih Kebal Dari Virus Corona?

Kamis, 19 Maret 2020 | 11:15 WIB Last Updated 2021-10-05T17:25:52Z
  Golongan Darah O Lebih Kebal Dari Virus Corona?

PASUNDAN POST ■ ORANG dengan golongan darah A mungkin lebih rentan terinfeksi virus corona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Sementara orang dengan golongan darah O diklaim lebih resisten.

Para peneliti medis di China, mengambil golongan darah lebih dari 2.000 pasien, yang terinfeksi virus di Wuhan dan Shenzhen. Kemudian mereka membandingkannya dengan populasi masyarakat setempat yang sehat.

Gao Yingdai, seorang peniliti Laboratorium Negara Hematologi Tianjin menyebutkan, perbandingan golongan darah ini mungkin sangat membantu tim medis. Tetapi masyarakat juga tidak perlu panik atas pernyataan ini.

Penelitian ini tepatnya dilakukan oleh para ilmuwan dan dokter dari kota-kota di seluruh Cina termasuk Beijing, Wuhan, Shanghai dan Shenzhen.

Menurut penelitian sebelumnya, perbedaan golongan darah telah dilakukan para ilmuan pada penyakit menular sebelumnya termasuk virus Norwalk, hepatitis B dan sindrom pernapasan akut (SARS).

Disebutkan pula dari 206 pasien yang meninggal akibat COVID-19 di Wuhan, 85 pasien di antaranya memiliki golongan darah A, yang 63 persen lebih banyak daripada 52 pasien dengan golongan darah O.

Arti lain bahwa pemilik golongan darah O dianggap lebih rendah risikonya tertular COVID-19. “Jika Anda mempunyai darah tipe O, itu juga tidak berarti Anda benar-benar aman,” kata Yingdai, dilansir Okezone dari South China Morning Post, Rabu (18/3/2020).

Siapapun, termasuk orang dengan golongan darah O harus mengikuti langkah pencegahan seperti anjuran WHO. Seperti mencuci tangan pakai sabun, memakai masker di pusat keramaian, melakukan social distancing, menjaga asupan gizi, serta cara lainnya.

“Anda masih perlu mencuci tangan dan mengikuti anjuran kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update