Penerima zakat Masa Pandemik Corona Naik, Termasuk di Sukabumi
Loading...

Penerima zakat Masa Pandemik Corona Naik, Termasuk di Sukabumi

Redaksi
Rabu, 20 Mei 2020


PASUNDAN POST ■ Tiga hari lagi lebaran, dan sebagian umat islam telah menunaikan membayar zakat fitrah. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jabar pun melaporkan telah ada kenaikan penerimaan zakat di masa pandemik Covid-19.

Prediksi Baznas akan mengalami kenaikan sekitar 10 juta penerima dibanding tahun sebelumnya.

“Untuk penyalurannya sendiri, tentu di masa pandemik COVID-19 ini program-program kami diprioritaskan untuk membantu penanggulangan COVID-19 dan dampaknya, terutama dampak ekonomi,” kata Ketua Baznas Arif Ramdani di Gedung Pakuan, pada Rabu (20/5/2020).

Arif mengatakan, penyaluran zakat saat ini akan diprioritaskan untuk penanggulangan Covid-19 dan dampak ekonomi yang ditimbulkan pandemik.

Kendati demikian, sebelumnya pihaknya telah berkoodinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar dalam pendataan dan penyaluran zakat.

“Penerimaan zakat naik, seperti di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor dan tempat-tempat yang lain justru yang bayar zakat itu semakin berduyun-duyun,” paparnya.

Arif juga mengajak masyarakat yang ingin menunaikan kewajiban zakat maupun menitipkan infak dan sedekah kepada Baznas Jabar, supaya melakukannya secara daring. (R-01/rls)