Notification

×

Iklan

Iklan

Peduli Pendidikan, Padepokan Mundingwangi Beri Solusi Ditengah Pandemik Covid-19

Rabu, 11 November 2020 | 15:57 WIB Last Updated 2021-10-05T16:53:24Z
Peduli Pendidikan, Padepokan Mundingwangi Beri Solusi Ditengah Pandemik Covid-19

PASUNDAN POSTBanyak keluhan terkait proses belajar daring di pedesaan menjadi alasan bagi pengurus Padepokan Mundingwangi Surade mencari solusi, bagaimana agar proses belajar mengajar tetap berlangsung.

Padepokan Mundingwangi ini akhirnya membuka diri dengan memberikan bimbingan proses pelajaran gratis bagi anak SD dan PAUD, utamanya bertempat di  wilayah selatan kampung sukamaja Rt 04 Rw 09, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

Seperti diketahui, saat pandemik Covid-19 melanda, sekolah formal belum bisa melakukan belajar tatap muka hingga saat ini. Namun di Padepokan Mundingwangi terdapat puluhan anak usia Paud dan SD mengikuti kegiatan Sekolah warga yang di pandu oleh dua tutor atau pengajar.

"Kami disini melakukan bimbingan terhadap anak Paud dan SD karena dorongan para orang tua anak. Mereka membutuhkan pendidikan," kata Lia, pengajar di Padepokan Mundingwangi Surade, pada Rabu 11 November 2020.

Menurut Lia, dilakukannya kegiatan belajar mengajar di Padepokan Mundingwangi atas desakan wali murid. Pada sisi lain, ketidak mampuan orang tua dalam membimbing anak anaknya menjadi alasan sehingga kegiatan belajar mengajar itu lalu diselenggarakan di Padepokan Mundingwangi tersebut.

"Kegiatan belajar sekolah warga ini sudah berjalan selama dua bulan. Ada sekitar 30 anak antara usia Paud dan SD dalam satu minggu 4 kali pertemuan. Waktu belajar dari pukul 15:30 hingga pukul 17:00 wib," ujarnya.

Peduli Pendidikan, Padepokan Mundingwangi Beri Solusi Ditengah Pandemik Covid-19

Senada dengan Lia, Kasepuhan Padepokan Mundingwangi, Surade, Aa Soleh mengungkapkan, bahwa dilaksanakan Sekolah warga tersebut atas kepedulian terhadap dunia pendidikan di Sukabumi yang serba keterbatasan para wali murid akan pendidikan bagi anak anaknya, sehingga Padepokan terbuka lebar untuk dijadikan sarana bagi sekolah warga.

"Ya ini salah satu bentuk kepedulian Padepokan kami terhadap dunia pendidikan. Kami siapkan dua Tenaga pendidik untuk memenuhi kebutuhan siswa. Silahkan warga yang mau ikut kegiatan belajar disini, semuanya gratis tidak dipungut biaya," pungkas Aa Soleh.

■ Arif Setiawan 

×
Berita Terbaru Update