-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | SUARA ASPIRASI JAWA BARAT
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Tingkatkan Syariat Islam, Begini Penjelasan Ketua UPZ di Cicantayan

    PasundanPost.com
    Rabu, 03 Februari 2021, 17:17 WIB Last Updated 2021-02-03T10:17:40Z
    Tingkatkan Syariat Islam, Begini Penjelasan Ketua UPZ di Cicantayan

    PASUNDAN POST ■ Hari ini, UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kecamatan Cicantayan, Baznas (Badan Zakat Nasional) Kabupaten Sukabumi lounching diwilayah Desa Sukadamai, Jalan KH. Damanhuri KM 05, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (03/02/2021).

    Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Camat Cicantayan Sendi Apriadi S.STP., M.Si., H. Asep (Staf di Kecamatan Cicantayan), Ketua MUI Kecamatan Cicantayan, Kepala KUA Kecamatan Cicantayan, Kades Sukadamai Rudi Hartono S.Pd., sejumlah perwakilan Kepala Desa se-Kecamatan Cicantayan, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat.

    Usai digelar Deklarasi tersebut, Camat Cicantayan Sendi Apriadi S.STP., M.Si. mengatakan, kegiatan ini merupakan silaturahmi antara ketua kelompok keagamaan se-Kecamatan Cantayan yang dibalut dalam Forum Komunikasi Sosial Keagamaan. 

    "Ada program dengan kepengurusan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) kecamatan yang baru. Kita ada program yang namanya Do'a Ikhlas. Doa ikhlas untuk umat keagamaan. Dan itu, mulai disampaikan kepada masyarakat," kata Sendi kepada awak media, Rabu (03/02/2021).

    Kegiatan Deklarasi ini, menurut Sendi, salah satunya bagaimana mengkampanyekan melalui berbagai lembaga kemasyarakatan, yang bisa memberikan informasi terkait protokol kesehatan 5M, serta pelaksanaan Vaksin Sinovac kepada masyarakat.

    "Ini kami lakukan, guna antisipasi mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah Kecamatan Cicantayan ini," sambungnya.

    Ia pun berharap, pihaknya bersama KUA, MUI dan unsur lainnya bisa memberikan informasi positif untuk masyarakat.

    "Kami dari pemerintahan beserta Kepala KUA, MUI dan yang dibalut hari ini langsung bersilaturahmi, bisa memberikan arti yang positif bagi Masyarakat dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pesan Camat Cicantayan Sendi.

    Sendi menambahkan, "Selain itu, juga tentunya kita berdoa, semoga ALLAH S.W.T. ridho, hari ini mudah-mudahan bisa segera menghilangkan atau menghijaukan zona  atas pandemik wabah Covid-19," pungkasnya.

    Dikesempatan yang sama, Mamak Maksudin S.Pd. selaku Ketua UPZ Kecamatan Cicantayan menuturkan, Visi Misi UPZ tingkat Kecamatan Cicantayan BAZNAS Kabupaten Sukabumi.

    "UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kecamatan Cicantayan Baznas (Badan Zakat Nasional) Kabupaten Sukabumi ini memiliki Visi menjadi UPZ yang Amanah dan profesional
    dalam mengolah dana zakat, infaq, dan shodakoh," tutur Mamak Maksudin S.Pd.

    Lebih lanjut Mamak menerangkan Misi, diantaranya Meningkatkan kualitas pengelolaan ZIS hingga dapat tersalur, secara merata, berhasil, dan berdaya guna.

    "Memudahkan pelayanan bagi Muzaki, Munfiq, dan Mutshaddiq. Memudahkan pelayanan bagi para Mustahik dalam mendapatkan haknya. Meningkatkan cara Mustahik agar dapat menjadi Muzaki," beber Mamak.

    Selain itu, Misinya ialah Menerapkan Sistem Menejemen keuangan berbasis tekhnologi, transparasi, dan akuntabel. Serta, Menggerakan dakwah islam melalui sinergi umat untuk menciptakan peradaban zakat.

    Adapun sasarannya, menurut Mamak, yaitu UPZ peduli umat. Antara lain bantuan bagi Guru Ngaji dan Imam Masjid, bantuan anak yatim piatu dan kaum dhuafa, merehabilitasi gedung atau bangunan (Masjid, sarana pendidikan dan rumah tidak layak huni), membantu bencana alam.

    Dibidang pendidikan, Mamak mengatakan, seperti membantu biaya anak sekolah tidak mampu, membantu mahasiswa kurang mampu, study banding dan pelatihan tentang zakat.

    "Dibidang kesehatan, seperti membantu biaya kesehatan masyarakat yang kurang mampu, memeberikan insentif kepada dukun beranak (Mak Beurang/ Paraji, red), sopir ambulan desa dan pengurus pemakaman umum," pungkas Mamak Maksudin S.Pd. (Dasep Maulana)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...