Notification

×

Iklan

Iklan

Induknya Belum Mau Menyusui, Penghuni Baru GL Zoo Yogyakarta Tetap Sehat

Senin, 14 Juni 2021 | 04:27 WIB Last Updated 2021-10-05T17:25:52Z

PASUNDAN POST ■ Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta mendapat penghuni baru. Bayi Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) ini lahir pada tanggal 4 Juni 2021 dini hari dengan berat badan 1,57 Kg. Kelahiran bayi orangutan ini menambah koleksi satwa yang ada di GL Zoo.

"Balai KSDA Yogyakarta mengapresiasi keberhasilan manajemen GL Zoo dalam upaya perlindungan, penyelamatan, dan pelestarian satwa dilindungi," ujar Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Muhammad Wahyudi, kemarin.

Dua hari pasca kelahiran, pada bayi orangutan dilakukan hand-rear (rawat manusia) karena induk orangutan belum mau melakukan aktivitas menyusui bahkan cenderung berperilaku menjadi agak agresif di malam hari.

Petugas berupaya melakukan training agar induk mau mendekat dan menyusui. Namun karena belum ada pergerakan dari induk untuk menyusui anaknya, maka dilakukan pemberian susu oleh petugas kepada bayi orangutan dan selanjutnya secara berkala diberikan susu setiap 3 jam.

Pasca dilakukan hand-rear, terpantau kondisi induk normal. Bayi orangutan juga terpantau dalam kondisi baik dengan suhu tubuh stabil, serta lancar meminum susu 150-160 ml/hari sesuai berat badannya. Saat ini bayi orangutan telah mengalami kenaikan berat badan menjadi 1,61 Kg. Proses urinasi dan feses bayi orangutan terpantau lancar.

Pengamatan terhadap kondisi induk dan bayi orangutan GL Zoo terus dilakukan secara intensif untuk memantau kondisi induk dan anaknya. (mia)

×
Berita Terbaru Update