Notification

×

Iklan

Iklan

Langkah Jaksa Agung Berantas Mafia Tanah dan Pelabuhan Diapresiasi Ketua Asosiasi Ilmuan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha)

Sabtu, 13 November 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-12-10T18:33:28Z
PASUNDAN POST ■ Jaksa Agung patut diapresiasi dalam merespon kebijakan Pemerintah Pusat yang saat ini menggencarkan upaya pemberantasan mafia tanah dan mafia pelabuhan dengan mengomandoi tim pemberantasan mafia tanah dan mafia pelabuhan, sebagai wujud kinerja yang terukur dan dari respon yang cepat pada satuan kerjannya, dari hal ini juga dapat dilihat gambaran tentang kinerja  insitusi hukum kejaksaan secara utuh yang terus berupaya memberantas segala penyakit hukum yang terjadi dalam masyarakat. Demikian kata Azmi Syahputra Ketua Asosiasi Ilmuan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) dan Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti.

" Masalah pemberantasan atas mafia tanah dan mafia pelabuhan adalah masalah sebuah pekerjaan raksasa yang menuntut keberanian, kerja keras dan konsisten, jadi Kejaksaan Agung harus berani mengejar praktik negatif jaringan pelaku termasuk pihak yang membackup jadi harus tuntas, kejar dan sikat sampai ke akar- akarnya dan adili para pelaku mafia ini siapapun." kata Azmi dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (13/11/2021).

" Karenanya perlu komitmen, Kejaksaaan melalui unit tim intelijen, pidana umum maupun pidana khusus termasuk partisipasi informasi masyarakat yang terbuka dan bertanggungjawab." tegas Azmi.

Lanjut dia, Kejaksaan  harus menyisir  dan jeli mengamati perilaku masyarakat dan pelaku usaha di pelabuhan dan segala hal yang berurusan dengan  mafia tanah termasuk modus operandi dan manipulasi dari pelaku guna mendapatkan keuntungan yang merugikan masyarakat, disinilah pintu masuknya bagi Jaksa untuk memberantas jaringan mafia ini.

" Pemberantasan ini harus terwujud dan bisa dirasakan oleh masyarakat." katanya. 

Melalui instruksi Jaksa Agung pada seluruh jajaran di unit kerja wilayahnya guna pemberantasan mafia pelabuhan dan mafia tanah ini  menunjukkan bahwa Kejaksaan terus bergerak dan semakin terarah kinerjanya dalam upaya memberantas tindak pidana khusus, maupun peristiwa hal-hal keresahan dalam masyarakat serta menghambat investasi, yang kini menjadi target dan fokus  Kejaksaan, diarahkan memberantas para mafia pelabuhan dan mafia tanah. 

"Sikap Jaksa Agung ini menunjukkan bahwa Kejaksaan Agung memposisikan diri pada nilai-nilai yang ingin dikejar hukum, yaitu keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat." pungkas dia. *(M.Afnan)
×
Berita Terbaru Update