Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Bandang Porak - porandakan Sejumlah Tempat Wisata di Cibodas

Senin, 27 Februari 2023 | 21:01 WIB Last Updated 2023-02-28T01:07:12Z



PASUNDAN POST ■ CIANJUR - Hujan deras dengan intensitas waktu yang cukup lama di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), pada Senin (27/02/2023) pagi.Menyebabkan Sungai Cikundul yang berada di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas,Kabupaten Cianjur Jawa Barat meluap.


Dalam video amatir yang sempat beredar ini, tampak banjir bandang atau air bah menerjang beberapa bangunan,jembatan dan tenda camping milik wisata pangsalatan Cibodas.


Selain itu, tampak ladang milik petani warga sekitar juga turut diterjang luapan sungai tersebut.


Kepala Desa Cimacan Deden Ismail membenarkan,terjangan banjir bandang itu menyebabkan beberapa bangunan wisata Pangsalatan milik Desa Cimacan,Mandalawangi dan sejumlah lahan kebun milik warga sekitar hanyut terbawa arus.


"Khusus yang masuk ke daerah air sungai (DAS) Cikundul air meluap dari atas yang secara otomatis yang bersebarangan dengan DAS seperti wilayah wisata Pangsalatan,Mandalawangi dan kebun milik warga tergerus banjir bandang," ucap Deden kepada pasundanpost.com melalui saluran telepon.Senin (27/2/23).


Deden menjelaskan,hujan deras yang mengguyur wilayah TNGGP sudah terjadi sejak beberapa pekan, namun banjir bandang tersebut terjadi sekitar pukul 03.30 WIB.


"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp 400 juta," ujarnya.


Deden menambahkan,hingga kini, pemerintah desa Cimacan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Cianjur sedang melakukan pendataan dan peninjauan langsung ke lokasi banjir.


"Setelah kejadian yang dilaporkan masyarakat,kami pemerintah desa yang kita tembuskan langsung ke Dinas PUPR untuk meninjau lokasi.Minimal apa yang menjadi kendala dilapangan harus diperbaiki mudah mudahan bisa direspon juga oleh dinas terkait yang lain," pungkasnya.(Ddy).

×
Berita Terbaru Update