Notification

×

Iklan

Iklan

Satu Rumah Nyaris Ambruk Karena Pergeseran Tanah

Rabu, 01 Maret 2023 | 12:39 WIB Last Updated 2023-03-01T14:18:42Z
PASUNDAN POST ■ CIANJUR - Sebuah rumah yang berada di Kampung Jemprak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami kerusakan parah dan nyaris roboh. Ini setelah tanah di sekitar lokasi ambles sedalam 3 meter.

Kepala Desa Ciloto Marwan mengatakan,rumah yang diketahui milik Ade (40) tersebut merupakan rumah bekas korban gempa Cianjur yang terjadi pada (21/11/22) lalu.Karena kondisi hujan terus menerus mengguyur wilayah Ciloto sehingga menyebabkan tanah ambles.

"Amblesnya itu perlahan, Bahkan amblesnya terdengar suara seperti geseran," ucap Marwan pada wartawan.Selasa (31/2/23)kemarin.

Menurut Kades, selain kondisi rumah bekas gempa area rumah korban sendiri tepat berada di tepi tebing dan oleh pemiliknya, lokasi itu kemudian diratakan untuk dijadikan rumah tinggal.

 "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sebanyak lima orang diungsikan ke rumah sebelahnya" paparnya.

Marwan menambahkan,meski demikian,saat ini pihak pemerintah desa Ciloto masih menunggu informasi dana stimulan gempa yang akan segera di cairkan oleh Pemkab Cianjur. Mengingat rumah tersebut saat ini sudah masuk ke daftar bantuan gempa Cianjur.

" Kami juga masib menunggu soalnya rumah kalau dimasukan ke program bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) otomatis harus di hapus ke daftar bantuan stimulan gempa," pungkasnya.(Ddy)
×
Berita Terbaru Update