Notification

×

Iklan

Iklan

Satgas Yonif 310/KK Berpartisipasi Bangun Rumah Daya dan PLTS untuk Puskesmas di Perbatasan RI-PNG

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 09:30 WIB Last Updated 2023-08-19T02:31:41Z
PASUNDAN POST ■ Keerom - Sebagai bentuk kepedulian dalam mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan, Satgas Yonif 310/KK bantu masyarakat bangun Rumah Daya dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Puskesmas, di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (18/08/2023)

PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang bersumber dari radiasi matahari melalui konversi sel fotovoltaik (solar panel). PLTS mampu mengolah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Listrik ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan peralatan elektronik dan sebagainya. PLTS juga ramah lingkungan sehingga ekosistem bumi bisa lebih terjaga.

Sekedar diketahui, Distrik Towe merupakan wilayah pedalaman Papua yang berada di perbatasan RI-PNG. Berbagai kekurangan banyak dirasakan oleh warga setempat, salah satunya keterbatasan listrik.

Hal inilah yang mendorong Satgas Pamtas Yonif 310/KK terdorong untuk membangun dan mempercepat proses pembanguan Rumah Daya Dan PLTS di Puskesmas Towe.

Komandan Satgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Satgas Yonif 310/KK dalam mengatasi kesulitan warga di perbatasan.

"Selalu saya tekankan kepada seluruh jajaran yang tersebar di wilayah perbatasan agar selalu jeli dalam melihat kondisi warga perbatasan, kenali kesulitannya dan jadilah solusi untuk mereka" tegasnya

Sementara itu, Danpos Towe Hitam, Letda Inf Andri Budi yang langsung memimpin pembangunan menambahkan, tujuan dibangun Rumah Daya dan PLTS di Puskesmas Towe agar masyarakat bisa berobat setiap saat. Selain itu, warga juga dapat ditangani dengan segera tanpa kendala alat yang membutuhkan daya listrik dan cahaya, memungkinkan tenaga kesehatan dapat melakukan rawat inap kepada pasien serta dapat membantu  penerangan rumah warga disekitar puskesmas

"Dengan 10 personel Satgas dan dibantu teknisi, Alhamdulillah dalam waktu 4 hari kami sudah bisa menyelesaikan pembangunan ini," ujarnya

Sementara itu, Kepala Puskesmas Towe, Alpius Wakur Amd. Kep (40) mengapresiasi pembangunan Rumah Daya dan PLTS tersebut. Pihaknya sangat bersyukur dengan adanya Pos Satgas Yonif 310/KK di Towe Hitam sehingga dapat membantu mengatasi kesulitan masyarakat terutama di bidang kesehatan. 

"Kedepannya kita bisa berkolaborasi dan saling membantu dalam melaksanakan penanganan medis bagi warga Towe Hitam," ungkapnya. *(M.Afnan/Satgas Pamtas Yonif 310/KK)
×
Berita Terbaru Update