Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Pesan Dandim 0607/KS Saat Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Senin, 06 November 2023 | 23:59 WIB Last Updated 2023-11-06T16:59:35Z

PASUNDAN POST  | SUKABUMI — Kodimn0607/Kota Sukabumi bersama Forkopimda menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tingkat Kota Sukabumi, di Makodim 0607/KS, Jalan RA. Kosasih, Ngaweng, Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Senin (06/11/2023).

Usai Deklarasi Pemilu Damai tersebut, PJ Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, ”Di Wilayah Kodim 0607 Kota Sukabum, Insyaallah Pemilu di Kota Sukabumi tahapannya akan damai, dan kita akan kompak," tuturnya.

Ia menambahkan, "Tadi sudah disampaikan oleh seluruh Pimpinan Partai, Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, ingin Pemilu di Kota Sukabumi Damai. Mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan tentunya sampai Pasca Pemilu nanti," imbuhnya.

Jadi, Pemilu Damai itu, menurut PJ Wali Kota Sukabumi, dimulai dari perencanaan, sampai pasca Pemilu dan sekarang sudah mulai ke tahapannya.

”Dan nanti pada saat pelaksanaannya Pilkada, Pilleg, Pilpres, tidak ada perselisihan. Dengan deklarasi ini, kita akan selalu kompak semuanya. Kita berharap Kota Sukabumi tambah maju, tambah bahagia lahir bathin, Jabar tambah maju dan Indonesia juga maju," jelasnya.

Terkait Anggaran Hibah, PJ Wali Kota Sukabumi mengatakan, ”Alhamdulillah kita sudah menyiapkan kewajiban untuk memberikan 40 persen dari ketentuan yang sudah di sepakati, antara Pemda Kota Sukabumi, Bawaslu dan KPU(Komisi Pemilihan Umum)," sebutnya. 

Sementara itu, Dandim 0607/KS Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub.Int., menuturkan, ”Jadi agenda hari ini, kita baru saja mengadakan Deklarasi Pemilu Damai, tingkat Kota Sukabumi," ucap Letkol Yudhi.

Adapun untuk pelaksanaan Tingkat Jawa Barat, kata Dandim, dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, dihadiri oleh Bapak KASAD, Bapak Pangdam, Kapolda Jabar, PJ Gubernur yang diwakili, termasuk juga dari KPU (Komisi pemilihan umum) Provinsi Jabar dan Bawaslu Jabar.

Untuk di tingkat Kabupaten/Kota, sambung Dandim, melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai secara serentak, terutama di Provinsi Jawa Barat dan Banten. 

Lebih lanjut, Dandim menerangkan, bahwa pihaknya untuk pengamanan Pemilu sesuai undang- undang membantu Polri.

”Jadi sebetulnya liding sektornya ataupun yang berkewenangannya, yang melaksanakan Pengamanan Pemilu itu dari Polri. Sedangkan dari TNI, kita hanya membantu, untuk mekanisme sendiri itu sudah diatur," terangnya.

Untuk pengamanan Pas Pemilu nanti, kata Dandim, di wilayah Kota/ Kabupaten Sukabumi, pihaknya menyiapkan sebanyak 400 Personil yang tersebar di Koramil -Koramil termasuk ada juga dari Makodim.

Menyinggung Peran Babinsa, Dandim menyebut, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi tentang Netralitas TNI AD.

”Alhamdulillah semua Babinsa hadir, jadi kita sampaikan komitmen kita, termasuk juga arahan dari pimpinan kita. Kita Netral, kemudian juga kita membantu Polisi dalam memantau Pemilu. Tapi tetap dibawah Satu Komando dari Dandim, sesuai mekanisme atau ketentuan yang ada,” beber Yudhi.

Yang harus di waspadai mungkin Pasca Pemilu, kata Dandim, harus di antisipasi biasanya suka ada gesekan - gesekan.

”Semoga Pemilu di wilayah Kodim 0607/ Kota Sukabumi Kondusif," tandas Dandim 0607/KS Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub.Int.(rl/DM)

×
Berita Terbaru Update