Notification

×

Iklan

Iklan

Antipasi Corona, Warga Mulai Terapkan Local Lockdown Dengan Pasang Portal

Minggu, 29 Maret 2020 | 20:27 WIB Last Updated 2021-10-05T17:25:52Z

PASUNDAN POST ■ Menyusul meningkatnya jumlah ODP dan PDP di wilayah Kabupaten Purbalingga membuat masyarakat antisipasi menyikapi kemungkinan terburuk atas merebaknya virus China atau Covid-19.

Berbagai upaya dilaksanakan dengan membuat screening post serta menutup akses jalan masuk ke kampung-kampung, seperti yang dilaksanakan di Desa Karangduren, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga oleh warganya, kemarin (28/3/2020).

Kegiatan ini murni inisiasi kesadaran masyarakat dengan di dahului musyawarah di Balai Desa Karangduren dengan turut mengundang Babinsa Koramil 08/Bobotsari yaitu Serma Sudaryanto, Babinkamtibmas dan para ketua RT serta perwakilan tokoh masyarakat Karangduren.

Kades Karangduren Setyo Pamungkas, menyebut warganya memasang portal barikade screening post guna mencegah wabah Corona, utamanya kegiatan dimaksudkan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus china tersebut.

"Saat ini wilayah Desa Karangduren masih aman dari gangguan virus corona, kita berharap dengan pemasangan portal ini agar masyarakat tidak tertular masuknya virus corona dari luar, utamanya oleh pendatang daerah lain," ungkapnya.


Sementara Serma Sudaryanto mengemukakan, dalam pelaksanaan kewaspadaan wilayah harus dilaksanakan, namun dalam pelaksanaanya diharapkan tidak menimbulkan masalah terutama gangguan kamtibmas.

"Artinya bagi masyarakat boleh selektif soal pendatang, namun tetap menjaga etika sopan santun dalam bertindak sebagai budaya bangsa Indonesia," katanya.

Selanjutnya, apabila menemukan kecurigaan untuk segera lapor kepada petugas untuk penanganan sesuai SOP Protokol penanganan kesehatan Corvid-19.

■ Imam Santoso

×
Berita Terbaru Update