Notification

×

Iklan

Iklan

Langkah Awal Wujudkan Zero Stunting di Kabupaten Sukabumi, UPTD Dalduk Caringin dan Cantayan Gelar Orientasi TPK

Kamis, 16 Maret 2023 | 17:13 WIB Last Updated 2023-03-16T10:17:51Z
PASUNDAN POST ■ SUKABUMI - UPTD DALDUK Wilayah Kecamatan Caringin Dan Cicantayan menggelar orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) tahun 2023 di Aula Kantor Desa Hegarmanah Kecamatan Cicantayan pada 16 Maret 2023.

Kegiatan yang mengambil tema “Orientasi Tim Pendamping Keluarga Dalam Percepatan Penurunan Stunting  di 8 Desa se-Kecamatan Cicantayan dalam Upaya Penurunan Angka Stunting di Kecamatan Cicantayan ini  terbagi dalam 2 gelombang masing-masing diikuti terdiri dari bidan desa, kader posyandu dan kader PKK desa sebagai Tim Pendamping Keluarga Desa di Kecamatan Cicantayan.

Orientasi Tim Pendamping Keluarga ini dihadiri oleh Kepala UPTDDALDUK Wilayah Kecamatan Caringin Dan Cicantayan , Camat Cicantayan BPK.Anwari dan Ketua TP PKK Kecamatan Cicantayan dan Koordinator KB Kecamatan Cicantayan 

Kepala UPTDDALDUK  Ibu Neneng mengatakan pentingnya peningkatan kompetensi TPK desa diantaranya pemahaman tentang tugas, validasi dan verifikasi keluarga berisiko stunting. “Lalu cara pendampingan terhadap calon pengantin, remaja usia subur, ibu hamil dan ibu menyusui, pasca melahirkan, balita nol sampai sembilan bulan,” ujarnya.

Neneng mengharapkan dengan kegiatan orientasi TPK ini, TPK desa dapat mengetahui tupoksi dan melaksanakan pendampingan dengan baik. “Intinya mendukung program pemerintah dalam hal ini tentang percepatan penurunan angka stunting dan pencegahan stunting di Kecamatan Cicantayan,” tegasnya.

Sementara Kepala Desa Hegarmanah mengatakan penanganan stunting adalah tanggung jawab bersama. Tidak bisa dibebankan ke pemerintah saja, tetapi perlu peran aktif dari masyarakat serta seluruh stakeholder yang ada, baik puskesmas, tenaga kesehatan desa, kader posyandu/PKK, pemerintah desa, tokoh agama/tokoh masyarakat karena masalah stunting adalah masalah nasional, sebab hal itu menyangkut masa depan generasi penerus.

“Semua harus saling bahu membahu dalam upaya percepatan penurunan stunting sesuai arahan Pemerintah Pusat Maupun Kabupaten Artinya semua perlu sinergi, tindaklanjut action dan berharap penurunan stunting dapat dituntaskan,” katanya. *(M. Afnan)
×
Berita Terbaru Update