Notification

×

Iklan

Iklan

Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Sukabumi, Bacaleg Loka Tresnajaya Berbagi Ilmu Dengan Pelaku UMKM

Minggu, 16 Juli 2023 | 06:53 WIB Last Updated 2024-02-24T10:04:01Z

PASUNDAN POST ■ SUKABUMI — Kandidat Calon Anggota Dewan dari Dapil 2, Loka Tresnajaya, Sabtu (15/7) kemarin turun gunung dengan memberi pencerahan terhadap para pegiat dan pelaku UMKM di Sukabumi.

Dengan menggandeng cifitas akademika dan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan, Loka Tresnajaya, memaparkan sejumlah kiat dan informasi kekinian yang dibutuhkan bagi pelaku UMKM.

"Alhamdulillah, hari ini terlaksana giat ini, semoga membawa manfaat bagi warga disini," ujar Direktur CV Tresnajaya ini, ditengah kesibukannya memberi paparan dihadapan puluhan pelaku usaha UMKM se Kecamatan Cicurug.


Menurutnya, giat ini bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat. Ia merasa terpanggil untuk berbagi ilmu, sebab menurutnya Kabupaten Sukabumi akan lebih maju, jika pelaku UMKM dapat tumbuh dan berkembang.

Pelatihan pengelolaan SDM di Era Digitalisasi, kata Kang Loka, adalah suatu keniscayaan yang kudu dipahami oleh para pelaku UMKM.

"Tema inilah yang menurut saya sangat tepat guna mendorong pelaku UMKM terus tumbuh," pungkas Loka di caffe D'Garasi Kampung/Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu, (15/7/2023). 

Selama giat berlangsung, terpantau peserta tampak serius mengikuti  pelatihan yang di gelar oleh Prodi Ilmu Manajemen S3, Prodi Manajemen S2, CV Treana Jaya dan Karang taruna Kecamatan Cicurug tersebut. 

Melihat fakta tersebut, Loka berencana akan memberi pelatihan semacam ini secara random. Hal itu jika memungkinkan, pasalnya saat giat tersebut berlangsung antusias warga yang hadir melebihi jumlah undangan.

"Yang kita undang untuk menjadi peserta 40 pelaku UMKM, namun nyatanya yang datang melebihi dari undangan," jelasnya. 

Antusias yang sangat tinggi dari peserta dan penggiat UMKM itu membuat Loka tambah bersemangat.

Ia menambahkan, untuk memotivasi para pelaku UMKM, tentunya ada pemberdayaan, bahwa untuk bisa menggerakkan dan memajukan usaha itu, yang paling digaris bawahi tentu dari pelakunya itu sendiri sebelum melakukan sebuah kegiatan khususnya di bidang usaha. 

"Harapan saya, untuk para pelaku usaha mikro, program ini baru pertama kali diselenggarakan dan nanti inshaAllah ada kelanjutannya. Bila hari ini kita membahas tentang SDM, nanti dilain waktu mungkin tentang keuangan dan marketing," ujar Kang Loka. 

Seperti diketahui, Loka Tresnajaya, saat ini tercatat sebagai Bacaleg Dapil 2 dari Partai Golkar. Dapil Sukabumi II terdiri dari 8 kecamatan yaitu; Cicurug, Cidahu, Parakansalak, Kalapanunggal, Kabandungan, Bojonggenteng, Parungkuda, dan Ciambar.

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Sukabumi menyatakan untuk Pemilu 2024 sudah ditetapkan aturannya, dan saat ini tengah berproses.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengungkapkan, tidak ada perubahan untuk dapil di Kabupaten Sukabumi, jumlahnya masih tetap sama dengan pemilihan pada 2019 lalu. Adapun yang berubah adalah alokasi kursi. 

Perlu diketahui, untuk perubahan alokasi kursi di dapil II Sukabumi bertambah satu kursi dari 9 menjadi 10 kursi. Sementara untuk dapil II wilayahnya mencakup Kecamatan Parungkuda, Bojonggenteng, Parakansalak, Cicurug, Cidahu, Kalapanunggal, Kabandungan, Ciambar dengan Alokasi 10 kursi. (R-01)
×
Berita Terbaru Update