Notification

×

Iklan

Iklan

KKN di Desa Hegarmanah, Mahasiswa STISIP Syamsul Ulum Sukabumi Kenalkan Tri Darma Perguruan Tinggi

Selasa, 15 Agustus 2023 | 14:44 WIB Last Updated 2023-08-15T07:59:03Z
PASUNDAN POST ■ SUKABUMI - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Syamsul Ulum Sukabumi melakukan pemberdayaan masyarakat desa berbasis Implementasi Tridharma perguruan tinggi.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM), para mahasiswa tersebut membantu mengenalkan tridharma perguruan tinggi kepada elemen masyarakat di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ketua kelompok X, KKN STISIP Syamsul Ulum Wiliansyah Anugrah Pratama, menjelaskan KKN ini sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"KKN ini kurang lebih 6 minggu, adapun kegiatan di hari pertama, kami melakukan sosialisasi, kordinasi kepada masyarakat sekaligus pencarian posko penetapan KKN." Ujarnya. Selasa, (15/8/23).

Lebih lanjut Wiliansyah mengatakan mereka mendirikan posko di wilayah Kedusunan Cilubang Desa Hegarmanah, dimana pada minggu pertama mengadakan kegiatan Gebyar Muharam dengan menggandeng Kampus IPB dan Pemdes Hegarmanah.

"Diminggu pertama kegiatan kami  melaksanakan Gebyar Muharram kolaborasi dengan kampus IPB dan Pemdes Hegarmanah, yang kedua melakukan kegiatan sosialisasi mengenai bullying dibeberapa sekolah yang ada di Desa Hegarmanah, selain itu kami melakukan sosialisasi tentang kebersihan kolaborasi dengan PMI dan kesiapsiagaan terhadap bencana yang berlokasi di kedusunan Nangerang." Paparnya.

Adapun hari ini kegiatan penutupan KKN STISIP Syamsul Ulum Kelompok X, secara simbolis yang di hadiri dosen pembimbing dan Kepala Desa, walaupun masih ada sisa waktu 1 minggu untuk menyelesaikan program kerjanya.

'Untuk di minggu ini akhir kegiatan KKN, kami akan melaksanakan kegiatan program unggulan yaitu pemetaan dan pembuatan batas wilayah RW dan acara karnaval pesta rakyat dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 berkolaborasi dengan Pemerintah Desa, yang berpusat di halaman kantor Desa Hegarmanah.," pungkasnya.

Sementara Kades Hegarmanah Ujang Natadireja menyambut baik dan mengapresiasi kepada kampus STISIP Syamsul Ulum yang memilih lokasi KKN di Desa Hegarmanah. 

"Dalam hal pengabdiannya, kami ucapkan banyak terimakasih untuk mahasiswa atau kampus sudah memilih desa Hegarmanah, dengan adanya KKN kami sangat terbantu karena sudah mengedukasi, memberikan motivasi dari segala aspek kehidupan kepada warga masyarakat kami khususnya kepada anak-anak dan generasi muda yang ada di Desa Hegarmanah." ucapnya. *(M.Afnan)
×
Berita Terbaru Update