Notification

×

Iklan

Iklan

Pos Yuruf Satgas Yonif 310/KK Gelar 'Dapur Kreatif' Pada Ekstrakulikuler Tataboga SMPN 2 Web di Perbatasan RI-PNG

Jumat, 22 September 2023 | 21:45 WIB Last Updated 2023-09-22T14:46:59Z
Keerom - Dalam rangka menambah ilmu dan kreatifitas siswa, Pos Yuruf Satgas Yonif 310/KK  ajarkan siswa SMPN 2 Web membuat bahan olahan Bala-Bala (bakwan) di Kampung Yuruf 2 Distrik Yaffi Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (22/9/2023).

Sebetulnya makanan ini lebih dikenal dengan sebutan bakwan, namun terdapat nama lain tergantung daerahnya. Bala-bala adalah kudapan yang terbuat dari campuran adonan tepung terigu dengan beberapa jenis sayur yang diiris, pada umumnya menggunakan wortel dan kol kemudian digoreng. Bala-bala merupakan salah satu kudapan favorit warga Jawa Barat, tapi berbeda hal nya jika di Papua, bala bala ini terlihat asing dan aneh.

Hal ini yang mendorong Komandan Pos (Danpos) Yuruf Letda Inf Agus Waluyo untuk memberikan ekstrakulikuler tataboga kepada siswa-siwi SMPN 2 Web. Pihaknya mengatakan selain mengenalkan makanan Jawa Barat, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah ilmu dan kreatifitas anak. Lebih kurang 60 siswa ikut kegiatan tersebut yang merupakan gabungan dari kelas 7 sampai kelas 9.

"Saya berharap mereka dapat mempraktekkannya di rumah sebagai tambahan lauk makan, camilan bahkan bisa bernilai ekonomis apabila mereka berkeinginan untuk menjualnya," ucap Letnan Agus. 

Ditempat terpisah, Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu cara pendekatan kepada masyarakat khususnya siswa siswi di perbatasan dimana masak bersama-sama menimbulkan kedekatan, keseruan, kecerian, kesenangan yang nantinya menimbulkan keakraban.

"Saya selalu menekankan kepada seluruh personil Satgas Yonif 310/KK yang tersebar mulai dari Kabupaten Keerom sampai dengan Kabupaten Pegunungan Bintang agar selalu berkreasi dan berinovasi dalam mendekatkan diri kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah perbatasan," tegas Dansatgas.

Sementaran itu, Monica (15) salah seorang murid menyampaikan rasa senangnya karena bisa ikut dalam kegiatan ini, selain dapat mengisi waktu luang setelah selesai mengikuti rangkaian kegiatan ujian sekolah dirinya pun merasa mendapat ilmu baru.

"Terima kasih Bapak TNI atas ilmu yang diberikan, makanan yang dibuat sederhana, mudah dan rasanya enak. Ini akan menjadi makanan favorit kami kedepannya" ujarnya. *(M.Afnan/Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK).
×
Berita Terbaru Update