Notification

×

Iklan

Iklan

Hadapi Musim Kemarau, Kapolres Majalengka Ajak Warga Antisipasi Karhutla

Minggu, 19 Juli 2020 | 02:08 WIB Last Updated 2021-10-05T16:53:24Z
 Hadapi Musim Kemarau, Kapolres Majalengka Ajak Warga Antisipasi Karhutla

PASUNDAN POST ■  Kepolisian Resor (Polres) Majalengka Polda Jabar kembali menggelar sosialisasi penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Kabupaten Majalengka tahun 2020, kali ini berlangsung di Lokasi Objek Wisata Pendakian Berod, Desa Argamukti Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Sabtu (18/07/2020).

Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso S.H., S.I.K., M.H. mengatakan, pada saat musim kemarau di wilayah Kabupaten Majalengka, khususnya di Kecamatan Argapura, pihaknya berharap selalu berupaya serta mengantisipasi dan menanggulangi Karhutla dilakukan secara bersama.

“Berkaca pada pengalaman Karhutla tahun 2019 lalu, untuk Kabupaten Majalengka sendiri, daerah atau kecamatan yang sering terjadi Karhutla pada tahun itu, dengan kategori tinggi, yakni berada di Kecamatan Rajagaluh, Kecamatan Sindangwangi dan Kecamatan Argapura,” terang AKBP Bismo.

AKBP Bismo menambahkan, bahwa pada hari kemarin, pihaknya turun langsung ke Lokasi Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh.

"Dan hari ini dilokasi Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti, Kecamatan Argapura menemui warga sebagai pengelola Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti. Untuk memberikan sosialisasi karhutla tentang larangan membakar hutan sesuai dengan perundang undangan yang berlaku," jelas Kapolres Majalengka.

AKBP Bismo mengajak warga Majalengka, khususnya warga Kecamatan Argapura, agar peduli dan bijaksana dalam melihat kondisi musim kemarau.

"Kita bersama-sama mencegah Karhutla, dengan cara tidak melakukan pembakaran pada lahan dan selalu memperhatikan resiko yang terjadi nantinya," pesan AKBP Bismo.

Kapolres Majalengka menegaskan, pihaknya siap menerima laporan pengaduan dari masyarakat apabila ada titik Karhutla yang terjadi di lingkungannya. Pihak Polres Majalengka bersama TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran selalu sigap menangani Karhutla dan siap membantu memadamkan Karhutla.

Usai melakukan sosialisasi, Kapolres Majalengka AKBP Bismo langsung melakukan peninjauan pengecekan beberapa lokasi yang berpotensi titik api di sekitaran Lokasi Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti, salah satu lokasi tersebut di Kaki Gunung Ciremai.

 ■ Dasep Maulana/Hms/PP

×
Berita Terbaru Update