Notification

×

Iklan

Iklan

Pulihkan Ekosistem Ikan, Komunitas Mancing BMWC Tanam Ribuan Benih Ikan

Sabtu, 26 Desember 2020 | 16:32 WIB Last Updated 2021-10-05T16:53:24Z
PASUNDANPOST - Komunitas memancing Baraya Mancing Waduk Cirata (BMWC) Cianjur melakukan tanam ribuan benih ikan di Waduk Cirata -Jangari saat Mancing Bareng (Mabar) di wilayah perairan Pulo Bangkong Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. Jawa Barat.Sabtu (26/12/2020). 

Ketua BMWC Kabupaten Cianjur, Bubung Koswara, mengatakan, populasi ikan di Waduk Cirata mulai berkurang. Diduga akibat krisis ekosistem di sekitar waduk yang disebabkan pembuangan sampah plastik yang kian tidak terkendali.

"Kami ingin memulihkan ekosistem itu dengan cara tanam benih ikan. Kami ingin mewujudkan kelestarian alam di sekitar Waduk Cirata," kata dia.

Menurutnya, sebagai wujud dukungan terhadap program Citarum Harum yang telah dicenangkan oleh pemerintah. Bahkan, saat ini alat untuk memusnahkan eceng gondok pun tengah beroperasi.

"Hulu Sungai Citarum sudah dibersihkan dari sampah dan limbah. Tinggal di sini kita menjaga perairan Waduk Cirata dengan tidak membuang sampah ke perairan dan kegiatan tanam benih ikan terus dilakukan," jelas Abung sapaan akrabnya.

Dia menyebut, keberadaan Waduk Cirata jadi suatu terabaikan oleh sebagian besar para pemancing. Banyak para pemancing yang membuang sampah plastik bekas umpan, bandul, makan dan minum ke perairan.

"Sedangkan jumlah pemancing bisa mencapai ratusan bahkan ribuan per hari. Kita rata-rata saja, jika sehari pemancing mencapai 400 orang, lalu per orang membawa sampah 1/4 kilogram, berarti 100 kilogram sampah yang dibuang pemancing setiap hari. Kalau terus dibiarkan, lima tahun kedepan Waduk Cirata bisa jadi lautan sampah," bebernya.

Dia pun mengajak semua komunitas memancing agar melakukan hal yang sama dengan tidak membuang sampah ke waduk dan bisa melakukan tanam benih ikan. Dengan begitu kelestarian alam bisa terwujud dengan cepat.


"Di setiap lapak rakit kita sediakan kantong sampah agar bekas umpan, bandul, makan dan minum di buang ke situ. Lalu sampahnya kami mmbawa lagi ke darat ke bak TPS," pungkasnya. * (Deddy/PP)
×
Berita Terbaru Update