-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | Kritis - Nasionalis - Religius
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Sebelum Ambruk, Ternyata Begini Penampakan Bangunan Ponpes Al Madaroh

    Redaksi
    Minggu, 17 Januari 2021, 23:07 WIB Last Updated 2021-01-17T16:08:59Z
    PASUNDANPOST, Baru baru ini warga Kabupaten Cianjur dikejutkan dengan adanya bangunan milik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Madaroh yang berlantai tiga ambruk secara tiba tiba.

    Bangunan Ponpes AL Madaroh ini berada di Kampung Loji Rt 01 Rw 01 Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Jawa Barat.

    Tepatnya, lokasi bangunan Ponpes tersebut berada di tidak jauh dari lokasi kantor pemerintahan desa (Pemdes) Batulawang.

    Akibat ambruknya bangunan Ponpes tersebut, puluhan santri yang tengah mondok di Ponpes tersebut terkena reruntuhan.

    Meski hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab rubuhnya bangunan Ponpes tersebut. Proses evakuasi hingga hari ini, masih terus dilakukan oleh petugas gabungan dari Kepolisian,TNI, Brimob dan BPBD Cianjur dengan menggunakan alat berat.

    Menurut Kapolsek Pacet AKP Galih Apria menjelaskan,atas kejadian ini sebanyak 18 orang santri harus dibawa ke Rumah Sakit (RS) Cimacan untuk mendapatkan perawatan.

    "Dari 18 orang santri tersebut,alhamdilah 5 orang santri boleh dinyatakan pulang oleh rumah sakit," tuturnya.

    Galih mengatakan,para santri tersebut umumnya mengalami luka ringan dan berat dibahu, tangan dan kaki karena benturan reruntuhan bangunan.

    "Tapi alhamdulilah, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini," paparnya.

    Sementara salah satu warga sekitar, Dadang (51), yang saat itu tidak jauh dari lokasi ambruknya Ponpes, sempat mendengar bunyi keras dari suara ambruknya bangunan.

    "Sebelum kejadian memang terdengar suara kretek kretek dari bangunan itu," terangnya

    Dadang menjelaskan, jika bagian bawah bangunan Ponpes tersebut merupakan ruangan Madrasah untuk para santri untuk mengaji.

    "Berdirinya Ponpes ini memang sudah puluhan tahun yang lalu, tapi bangunan yang roboh ini baru dibangunnya kalau gak salah baru 4 tahun yang lalu," bebernya.

    Luas tanah dan bangunan yang dimiliki Ponpes ini pun lanjut Dadang,
    tidak kurang dari seribu persegi meter.

    "Sejak berdiri memang dua kali pergantian pimpinan Ponpes dari sebelum yang sekarang (red_KH. Mizaburohmat)," tukasnya.

    Sementara berdasarkan foto dokumentasi yang berhasil didapatkan dari warga pengguna internet di akun grup facebook (FB) Cipanas.

    Penampakan bangunan Ponpes Al Madaroh sebelum ambruk.Tampak memilik beberapa pintu dan jendela dengan khasnya bangunan kobong pesantren pada umumnya, dibalut dengan cat berwarna putih dan coklat.  

    Namun jika dilihat dari depan bangunan tersebut hanya memilik dua lantai saja.Tidak tampak memilik tiga lantai. *(Deddy/PP).
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...

    GAYA HIDUP

    +