Notification

×

Iklan

Iklan

Satgas Pamtas Yonif 310/KK Dampingi Puskesmas Dalam Rangka Menekan Angka Malaria di Batom

Selasa, 26 September 2023 | 19:41 WIB Last Updated 2023-09-26T12:45:04Z
Pegunungan Bintang - Demi terciptanya lingkungan yang sehat dan menekan angka Malaria, Pos Batom Satgas Yonif 310/KK bersama Koramil 1715-05/Batom dan Pospol Batom dampingi Puskesmas dalam pelaksanaan penyemprotan door to door di Kampung Batom 1 (satu) Distrik Batom Kabupaten Pegunungan Bintang, Selasa (26/9/2023).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangannya di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dansatgas mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas TNI untuk membantu Pemerintah Daerah setempat menanggulangi penyebaran penyakit malaria yang cukup tinggi khususnya di wilayah Distrik Batom Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Selain untuk mencegah penyebaran malaria, kegiatan ini juga diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antara warga dengan Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 310/KK dalam rangka mencapai kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujar Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Sementara itu, Komandan Pos (Danpos) Batom Letda Inf Eko Effendi menambahkan bahwa kegiatan pendampingan ini dilakukan bersama Koramil 1715-05/Batom dan Pospol Batom untuk mendukung program Puskesmas Batom. Sebanyak 40 rumah telah dilakukan penyemprotan cairan insektisida yang sasarannya adalah nyamuk anopheles penyebab Malaria.

"Tidak lupa kami juga menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, karena dengan menjaga kebersihan akan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memperkecil resiko terjangkit Malaria maupun penyakit lainnya,” tambah Danpos.

Disisi lain, Kepala Puskesmas Batom Bapak Niko Kasibmabin menyampaikan bahwa kegiatan penyemprotan ini merupakan program untuk menghambat perkembangbiakan nyamuk dan mengurangi terjangkitnya Malaria d wilayah Distrik Batom, sehingga diharapkan masyarakat di wilayah Distrik Batom ini dapat terbebas dari penyakit Malaria.

"Ini akan kami terus lakukan bukan hanya di Kampung Batom 1 (satu) saja, tetapi di semua kampung yang berada di Distrik Batom. Walaupun dengan segala keterbatas yang ada, itu tidak menyurutkan langkah kita dalam menekan angka Malaria di wilayah Batom," tutupnya. (M.Afnan/Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK).
×
Berita Terbaru Update