Notification

×

Iklan

Iklan

Panwascam Cipanas Laporkan Hasil Pengawasan Pemilu 2024

Selasa, 27 Februari 2024 | 00:29 WIB Last Updated 2024-02-28T03:18:16Z
CIANJUR - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Cipanas Muhammad Azis mengatakan, hingga saat ini pihaknya tidak menemukan adanya kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal tersebut, diungkapkan Azis usai melaksanakan patroli pengawasan masa tenang yang digelar Panwascam Cipanas beserta jajarannya pada (11/2/24) sampai dengan (13/2/24) kemarin.

"Pengawasan pada masa tenang, untuk memastikan tidak ada kampanye, apk atau bahan kampanye yang masih terpasang serta menghimbau peserta pemilu atau tim untuk tidak melakukan kampanye dalam bentuk apapun. Hasil dari pengawasan di masa tenang, tidak ditemukan pelanggaran di masa tenang," ungkap Azis dalam keterangannya. Senin (26/2/24).

Azis menerangkan, bersamaan dengan pengawasan masa tenang, Panwas Kecamatan Cipanas beserta jajaran juga mengawasi pendistribusian logistic Pemilu dari PPK ke PPS pada (12/2/2024) dan pendistribusian logistic dari PPS ke KPPS  pada (13/2/2024) kemarin. Guna memastikan logistic yang dikirim tepat jumlah sesuai TPS dan ditempatkan di tempat yang aman.

"Dalam pengawasan logistic juga Panwas Kecamatan Cipanas tidak menemukan pelanggaran dalam pendistribusiannya,"ujarnya.

Azis menambahkan, bahkan pengawasannya berlanjut pada tahapan pemungutan suara (14/2/2024) dalam tahapan tersebut. Pihak Panwaslu Kecamatan Cipanas telah menempatkan 350 Pengawas TPS sesuai dengan tempat kerjanya masing- masing dan disetiap TPS diawasi oleh seorang Pengawas TPS yang tersebar di 350 TPS di Kecamatan Cipanas. 

Menurutnya, semua laporan dilakukan secara berjenjang pada (14/2/2024) sampai dengan (15/2/24). Setelah pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara. Meski ada beberapa laporan terkait pelaksanaan penghitungan suara. 

"Dalam tahapan penghitungan dan pemungutan suara juga laporan laporan kejadian dapat diselesaikan di waktu dan tempat yang sama. Semua kejadian di tuangkan dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP)," ucapnya.

Sementara arus balik logistic dari Gudang PPS di tujuh desa menuju Gudang PPK Cipanas yakni di GOR Lotus pada(15/2/24) dan (16/2/24). Panwaslu Kecamatan Cipanas pada (17/2/24) mengawasi penghitungan rekapitulasi terbuka tingkat kecamatan cipanas dilakukan hingga  (22/2/2024).

"Rapat pleno rekapitulasi final kecamatan rekap penghitungan perdesa dibacakan dari 7 desa yang ada di kecamatan Cipanas dan direkap kedalam rekapan kecamatan. Hasil rekapan ditandatangani oleh PPK dan Saksi Peserta Pemilu yang hadir dan dibagikan kepada saksi partai yang hadir dan kepada panwaslu kecamatan Cipanas," imbuhnya.


"Setelah selesai pleno rekapitulasi dikecamatan pengawalan berlanjut pada arus balik logistic dari Gudang logistic PPK Cipanas di Gedung GOR Lotus menuju Gudang logistic KPU kabupaten Cianjur lengkap dengan pengamanan aparat kepolisian dan TNI," tandasnya. (***)
×
Berita Terbaru Update