Notification

×

Iklan

Iklan

1 Minggu Hilang Di Hutan Kalimantan, Turis Asal Australia Ditemukan Satgas YR 303 Kostrad

Senin, 06 Januari 2020 | 22:31 WIB Last Updated 2021-10-05T17:25:52Z

Pasundan Post ■ Seorang Wisatawan mancanegara asal Australia bernama Stephen Leonard Camkin beserta tour Guide bernama Mukhtar yang hilang di dalam hutan selama satu minggu lebih, berhasil ditolong anggota TNI Batalyon Infanteri Raider (Yonif R) 303  Kostrad.

Anggota yang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI dan Malaysia (MLY), menemukan korban dalam kondisi drop.

“Kedua orang wisatawan tersebut tersesat selama satu minggu lebih di dalam hutan karena ditinggalkan begitu saja oleh pemandu wisata Desa Long Layu dengan dibekali logistik yang terbatas,  ketika sedang akan berwisata hutan di daerah Long tua,  Desa Apaupung, kecamatan Bahau Ulu Kabupaten Malinau,  Kalimantan Utara,” ujar Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif R 303 Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos, M.I.Pol, kemarin.

Menurutnya, kabar adanya seorang wisatawan dan seorang Tour Guide hilang di dalam hutan berawal dari informasi Kepala Desa Apauping kepada Komandan SSK I Pos Apauping Satagas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303 Kostrad Lettu Inf Suhendra.

Kemudian 8 orang anggota satgas dibawah pimpinan serda Satria Situmorang bersama warga langsung melakukan pencarian.

“Selanjutnya bersama-sama dengan warga, anggota masuk ke dalam hutan dan menyisir sekitaran sungai bahau untuk melakukan pencarian,” katanya.

Dalam pencarian itu, mereka menemukan dua orang wisatawan tersebut di hulu sungai Bahau dalam kondisi drop dan langsung mengevakuasinya serta diistirahatkan di kediaman Kepala desa Apauping sekaligus menunggu petunjuk lebih lanjut dari Polres Malinau.

■ R/penkostrad


×
Berita Terbaru Update