Notification

×

Iklan

Iklan

Cegah Penyelundupan di Jalur Tikus, Satgas Kostrad Patroli Keamanan Di Perbatasan

Kamis, 19 Maret 2020 | 13:57 WIB Last Updated 2020-03-19T07:02:12Z
Cegah Penyelundupan di Jalur Tikus, Satgas Kostrad Patroli Keamanan Di Perbatasan

PASUNDAN POST ■ Dalam rangka mencegah aktivitas ilegal dan penyelundupan barang-barang terlarang lainnya, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Pos Kaliwanggo, secara rutin melaksanakan patroli keamanan pada jalan-jalan tikus di perbatasan RI-PNG.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han., mengatakan hal tersebut dalam keterangan tertulisnya dari Distrik Eligobel, Kabupaten Merauke, Papua, hari ini.

Dansatgas mengungkapkan, tidak hanya melalui kegiatan pemeriksaan rutin terhadap orang dan kendaraan yang melintas di jalan poros Trans Papua, untuk mencegah penyelundupan barang-barang ilegal dan terlarang lainnya juga dilakukan melalui kegiatan patroli keamanan di jalan tikus yang menghubungkan dua negara.

“Hal tersebut dilaksanakan Pos Kaliwanggo, dipimpin Wadanpos Kaliwanggo Serka Sarwoto dan lima orang anggotanya melaksanakan patroli keamanan dengan menyusuri jalan-jalan penghubung di perbatasan RI-PNG tepatnya di sekitaran Sungai Warma, Distrik Sota," terangnya.

Patroli keamanan ini, kata Dansatgas, sebagai upaya mencegah penyelundupan barang-barang ilegal dan terlarang, serta masuknya warga Negara Papua Nugini ke Indonesia ataupun sebaliknya secara tidak resmi.

Menurutnya, jalan-jalan tikus dicurigai kerap menjadi pilihan para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyelundupkan barang ilegal dan terlarang dari kedua negara, untuk mencegahnya secara rutin dilaksanakan patroli keamanan.

Sementara itu, Danki C Satgas (Danpos Kaliwanggo) Kapten Inf Adik Sunarto, menyampaikan patroli keamanan yang rutin dilaksanakan sejak awal bertugas pada Juli 2019 hingga saat ini, dinilai efektif dalam mencegah aktivitas peredaran barang terlarang dan ilegal yang masuk melalui jalan-jalan tikus di perbatasan RI-PNG.

■ R-01/JBN

×
Berita Terbaru Update