-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | SUARA ASPIRASI JAWA BARAT
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Membawa KNPI ke Puncak Kejayaan

    Redaksi Jabar
    Kamis, 11 Februari 2021, 16:41 WIB Last Updated 2021-02-11T09:41:19Z
    Membawa KNPI ke Puncak Kejayaan

    Oleh : Aris Rindiansyah

    “Sejarah dunia adalah sejarah orang muda, jika angkatan muda mati rasa, matilah semua bangsa”,
    -Pramoedya Ananta Toer.

    Itulah kalimat yang disampaikan oleh sastrawan besar indonesia tentang pemuda, sejarah kita memang mencatat bahwa peran pemuda memang tak lepas dari perjuangan bangsa ini, baik sejak zaman untuk merebut kemerdekaan sampai zaman untuk menurunkan rezim yang dianggap diktator dan menyengsarakan rakyat. Dari mulai Organisasi Boedi Oetomo, Kongres Pemuda I dan II serta rengasdengklok sampai proses transisi orde lama ke orde baru, bahkan yang terbaru adalah proses transisi orde baru ke orde reformasi.

    Dalam peristiwa sejarah berkumpulnya kaum muda selalu menghasilkan ide besar untuk bangsa bahkan negara, Boedi Oetomo yang memunculkan kesadaran sebagai suatu bangsa, Kongres Pemuda II yang menegaskan identitas bangsa. Begitu juga dengan lahirnya induk organisasi pemuda di Indonesia yaitu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang lahir dari Deklarasi Pemuda Indonesia pada tanggal 23 Juli 1973 yang menghasilkan kesadaran kehidupan bernegara dengan menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

    Sepanjang kiprahnya sebagai induk Organisasi pemuda di Indonesia, KNPI menjadi kawah candramuka dan laboratorium untuk mencetak pemimpin bagi Bangsa dan Negara Indonesia, namun sejak era reformasi KNPI sendiri seperti kehilangan arah bahkan di beberapa daerah kehilangan ide untuk memandu dan mencetak generasi muda sebagai pemimpin, bahkan kesan yang muncul akan kehadiran KNPI tidak jauh beda dengan organisasi pemuda yang lain, KNPI seperti kehilangan identitas sebagai Induk dari Organisasi Pemuda.

    Kenyataan ini tidak boleh membuat kita pesimis dan kehilangan harapan untuk kembali membawa KNPI ke puncak kejayaannya, menjadi Laboratorium untuk mencetak Pemuda yang siap menjadi The Next Leader bagi bangsa dan negara.

    Filsuf Romawi Cicero pernah berkata “Historia vero testis temporum, lux veritatis, vita memoriae, magistra vitae, nuntia vetustatis.” Ia memaknai realita “Sejarah adalah saksi zaman, sinar kebenaran, kenangan hidup, guru kehidupan dan pesan dari masa silam”. Sejarah sudah memberikan pesan bagi kita generasi masa kita, bahwa setiap berkumpulnya Generasi Muda selalu memunculkan ide besar yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara, tanpa menghasilkan ide besar maka kumpulan pemuda tersebut tidak lebih dari obrolan anak nongkrong.

    Saat ini, dunia sedang ramai membahas sebuah gerakan baru yaitu Gerakan Filantropi, kata filantropi (dalam bahasa inggris philanthropy) secara etimologis berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu philos yang artinya cinta dan anthropos yang berarti manusia. Filantropi sendiri kemudian bermakna mencintai sesama manusia, dalam artian peduli pada kondisi manusia yang lainnya dan menyayanginya, sehingga kita bertanggung jawab jika orang lain kondisinya tidak sebaik kita. Wujud dari filantropi, misalnya, adalah perilaku kedermawanan dan membangun relasi sosial yang baik antara kaya dan miskin. Inti dari kegiatan filantropi adalah untuk mendorong terciptanya kemaslahatan, public good, dan kesejahteraan bersama.

    Jika melihat kondisi dunia yang sedang dilanda pandemi COVID 19 yang memberikan dampak tidak hanya pada sektor kesehatan tapi juga ekonomi, maka gerakan ini bisa menjadi solusi yang ditawarkan oleh masyarakat disamping solusi lain yang diciptakan oleh pemerintah dalam bentuk kebijakan untuk meminimalisir dampak dari pandemi ini. 

    Jika gerakan ini dimotori oleh pemuda atau bahkan KNPI yang merupakan induk organisasi pemuda, maka lambat laun gerakan ini menjadi ide besar yang diusung oleh pemuda yang berkumpul di KNPI untuk menjawab tantangan zaman.

    Gerakan Filantropi yang akan diusung oleh KNPI tidak hanya tentang kedermawanan harta, tapi juga kedermawanan ilmu dan tenaga yang dimiliki oleh Pemuda, ini diwujudkan dengan turut sertanya KNPI dalam mewarnai penting dalam kehidupan bernegara seperti sektor pendidikan, kesehatan dan sektor keagamaan serta sektor penting lainnya.

    Gerakan Filantropis KNPI atau kita sebut KNPI yang Filantropis adalah KNPI yang hadir dalam setiap permasalahan masyarakat dari semua sektor, KNPI yang menunjukan ide besar dan segar Khas Anak Muda serta KNPI yang kembali menciptakan zaman ke-emas-an. Mari Wujudkan KNPI Filantropis, Sebuah Langkah baru untuk menghadirkan kembali Kejayaan Pemuda. (**)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...