Notification

×

Iklan

Iklan

Saba Desa KNPI Pamijahan: Harus Ada Kolaborasi Pemerintah Desa Dengan Pemuda

Sabtu, 30 April 2022 | 14:58 WIB Last Updated 2022-04-30T12:09:02Z
PASUNDAN POST ■ Dipenghujung ramadhan pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Pamijahan menggelar kegiatan Saba Desa yang kedua kalinya dilaksanakan di Aula Desa Gunung Menyan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor , Jawa Barat. Kamis (28/04/2022). Lalu

Kegiatan Saba Desa sekaligus Dialog Interaktif yang bertajuk "Pemuda sebagai Lokomotif Kemajuan Desa" di hadiri oleh seluruh unsur pemerintah desa, mahasiswa juga pemuda.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Gunung Menyan Hj. Wiwin Komalasari dalam sambutannya turut berbahagia dengan adanya Saba Desa oleh KNPI Pamijahan. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada atas kegiatan Saba Desa Gunung Menyan yang diinisiasi oleh KNPI". Paparnya 

"Kami menyambut baik ide dan gagasan pemuda dan jika kedepan harus ada yang disinergikan kami sangat siap". Tambahnya 

Sementara itu, Ketua KNPI Pamijahan Heri Gunawan, S.E menyampaikan, tujuan Saba Desa salah satunya untuk memasyarakatkan KNPI agar dikenal dan dirasakan keberadaannya di kalangan masyarakat bawah.

"Kita semua sepakat bahwa kemajuan desa bahkan Indonesia sekalipun tidak akan lepas dari peran pemuda, tentu pemuda yang punya pengetahuan dan  keterampilan". Ujarnya 

Oleh karena itu kami minta kepada pemerintah desa untuk sama-sama menciptakan sumber daya pemuda yang memiliki daya saing.

"Pemerintah desa dengan kewenangan yang dimiliki sudah sangat bisa melakukan investasi pembinaan atau pemberdayaan pemuda agar tercipta sumber daya pemuda yang akan menjadi lokomotif kemajuan desa". Papar Hergun Sapaan akrabnya.

Dari beberapa sumber dana desa yang kucurkan oleh pemerintah itu sudah jelas ada porsinya untuk pembinaan dan pemberdayaan pemuda.

"Kami ingatkan seluruh pemerintah desa yang ada di kecamatan Pamijahan jangan sampai sumber dana yang dikucurkan pemerintah tidak tepat sasaran atau tidak sesuai dengan peruntukannya, pemerintah desa jangan hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur sedangkan pembangunan sumber daya manusianya tidak diperhatikan". Tambahnya 

Di tempat yang sama narasumber dialog Interaktif Burhanuddin, S.Pd.I menyampaikan, pemuda sebagai lokomotif pembangunan desa memiliki peran strategis, jika pemerintah desa mampu membaca peluang itu, maka bisa dipastikan Desa akan mendapatkan lompatan kemajuan yang sangat signifikan. 

"Kolaborasi Pemerintah Desa dengan pemuda baik melalui kelembagaan pemuda atau secara personal para pemuda di desa harus di bangun sebagai upaya untuk menguatkan kewenangan desa dalam mengelola dan mengembangkan desa". Ujar pria yang kerap disapa Bu'ang yang pernah menjabat ketua KNPI Pamijahan.

"Investasi Pembangunan SDM kepemudaan akan sangat berarti dan berefek jangka panjang dibanding hanya membangun infrastruktur,  karena dengan membangun SDM, maka Pemerintah desa sudah berinvestasi jangka panjang yang pada akhirnya akan berpengaruh pada percepatan pembangunan yang ada di desa". Tambah Burhanuddin yang juga Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor. (*Cawang).

×
Berita Terbaru Update