-->
  • Jelajahi

    Copyright © PASUNDAN POST | Kritis - Nasionalis - Religius
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Kodim 0607/ Kota Sukabumi Gelar Festival Pencak Silat ''Dandim Cup III Th 2022

    Redaksi
    Senin, 20 Juni 2022, 08:19 WIB Last Updated 2022-06-20T14:11:52Z

    PASUNDAN POST ■ Kodim 0607/ Kota Sukabumi menyelenggarakan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Terbuka ''Dandim Cup III tahun 2022'' di GOR Manunggal, Makodim 0607/Kota Sukabumi, Jalan R.A. Kosasih, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (19/06/2022).

    Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf. Dedy Ariyanto S.I.P., M.M.Han., M.I.Pol. diwakili Kepala Staf Kodim 0607/Kota Sukabumi Mayor Inf. Suntoro membuka Festival Pencak silat Seni tradisi Terbuka Dandim Cup III Th 2022. Kegiatan ini diselenggarakan, dalam rangka HUT Kodam III/ Siliwangi ke- 76.

    Dalam Amanat Dandim 0607/Kota Sukabumi yang dibacakan Kasdim menyampaikan, Festival Pencak Silat Dandim Cup III tahun 2022 kali ini dengan mengusung tema "Pencak Silat Untuk Martabat Bangsa".

    ''Yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi, dan pembinaan untuk para pesilat. Dua itulah yang kita tekankan, jadi bukan sekedar untuk berkompetisi dan kejuaraan. Pencak silat ini sejak tahun 2019, sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan non benda milik Indonesia. Jadi, bukan sekedar olahraga kampungan ataupun olahraga hanya di Indonesia, tapi sudah mendunia,'' terangnya.

    Lebih lanjut Mayor Suntoro menerangkan, bahwa Seni Beladiri yang sudah ada sejak lama ini, merupakan salah satu cerminan bangsa Indonesia bangsa yang besar terutama kaya akan ragam budaya. 

    ''Kita sebagai penerus bangsa, harus dapat melestarikan budaya yang ditinggalkan oleh para pendahulu kita, yang harus kita lestarikan bersama,'' sambungnya.

    Pada saat pertandingan, sambung Mayor Suntoro, baik pada Olahraga Prestasi maupun Festival Pencak Silat Seni Tradisi, tidak sepenuhnya menampilkan secara utuh, kekayaan teknik yang dimiliki teknik Silat yang cantik namun mematikan, busana yang indah diiringi dengan musik daerah dari berbagai aliran serta perguruannya.

    ”Kodim 0607/ Kota Sukabumi menyelenggarakan event tersebut, dalam rangka memelihara dan memperluas, agar masyarakat tahu bahwa kita punya budaya yang bagus dan menarik. Pencak Silat adalah seni tradisi budaya Indonesia yang secara umum, guna memupuk persatuan dan kesatuan diantara perguruan pencak silat Indonesia secara keseluruhan,'' paparnya.

    Sebagai realisasi dari hal tersebut, kata Mayor Suntoro, Padepokan Pencak Silat Sasangka Buana Indonesia bekerjasama dengan IPSI Kota Sukabumi dan Kodim 0607/ Kota Sukabumi mengadakan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Terbuka Dandim Cup III 2022, sebagai upaya penetrasi budaya yang bersifat Edukatif, Reaktif, dan Prestasi yang bersifat kompetitif.

    ''Kodim 0607/Kota Sukabumi mengadakan Festival Pencak Silat, sebagai upaya penetrasi budaya yang bersifat Edukatif, Reaktif dan Prestasi yang bersifat Kompetitif," pungkas amanat Dandim yang dibacakan Mayor Suntoro.

    Dalam kesempatan tersebut, penyerahan penghargaan Dangiang Budaya Tatar Sunda Jawa Barat kepada Dandim 0607/ Kota Sukabumi, Wakil Walikota dan Kapolres.

    Festival ini diikuti oleh sebanyak 350 (Tiga Ratus Lima Puluh) peserta dari beberapa perguruan pencak silat yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung dan Jakarta.

    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Marsda TNI (Purn) Asep Chaerudin Ketua umum PSI 1922 periode 2022- 2027. Kolonel Inf (Purn). Edi Samsudin (Tokoh Penggiat Pencak Silat Jabar), H. Murtadho (Tokoh Budayawan Jabar. Kapolres Sukabumi Kota diwakili Kabag OPS, Bupati Sukabumi diwakili oleh Asda 1, Ketua Padepokan Pencak Silat Sangsaka Buana Indonesia KH. Jatnika Nanggamiharja.(Dasep). 
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...