Notification

×

Iklan

Iklan

Festival Durian Sukabumi 2023, Memicu Perekonomian Masyarakat

Sabtu, 07 Januari 2023 | 15:16 WIB Last Updated 2023-02-12T18:18:23Z
PASUNDAN POST ■ SUKABUMI - Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, membuka Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi 2023 yang digelar di Lapangan Cangehgar, Palabuhanratu, Sabtu (07/01/2023).

Berbagai varian Durian asli Sukabumi tampil dalam festival yang digelar selama 2 hari hingga Minggu besok.

"Manfaat dari kegiatan ini selain ada rekreasi, wisata, namun juga ada nilai untuk meningkatkan ekonomi masyarakat terutama pada petani durian di Sukabumi," ungkap Iyos Somantri, usai secara simbolis membuka Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi 2023, Sabtu (07/01/23).

Wabup bangga Kabupaten Sukabumi memiliki varian Durian yang dinilai berkelas dan mampu bersaing dengan durian lokal daerah lain maupun bersaing dengan durian impor.

"Bila kita rasakan memang beda. Tapi pun kalau tidak, masyarakat bisa memahami inilah Durian khas Sukabumi," ujar Iyos.

Tujuan lain dari event ini, sambung Iyos, selain untuk menunjukkan Durian Sukabumi, sekaligus menjadi daya tarik bagi sektor pariwisata, magnet bagi wisatawan datang berkunjung ke Sukabumi.

"Kita tahu bahwa saat ini banyak varian durian di Sukabumi, nikmatnya, teksturnya, rasanya, tidak kalah dengan dari tempat lain," ungkap Iyos Somantri.

Menurut Iyos sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi menjadi sentra buah berkulit tajam ini, Palabuhanratu, Cisolok, dan Cikakak menjadi 3 wilayah penyumbang durian terbesar di Sukabumi. 

"Insyaallah event ini akan terus dilaksanakan, saat ini musim durian kita sedang baik," pungkasnya.

Hadir dalam festival kali ini, jajaran Forkopimda, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Sukabumi.

Nampak hadir AKBP Maruly Pardede, Kapolres Sukabumi yang baru beberapa hari ini menjabat.

"Bila dirasakan teksturnya lebih halus, inilah yang menjadi nilai jual durian khas Sukabumi. Ini juga bisa menjadi pemicu kemandirian pasar durian di Sukabumi. Yang jelas semua program pemerintah Kabupaten Sukabumi akan didukung Polres Sukabumi," ungkap Maruly Pardede.(*)
×
Berita Terbaru Update