Notification

×

Iklan

Iklan

Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Dandim 0622/Kab. Sukabumi : Amalkan Nilai-Nila Pancasila Demi Tegaknya NKRI

Minggu, 01 Oktober 2023 | 18:24 WIB Last Updated 2023-10-01T11:26:08Z
SUKABUMI - Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di Alun Alun Palabuhanratu, Jalan Siliwangi, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (01/10/2023).

Dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yakni Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hammami MM, Komandan Upacara (Danup) Ipda Subit S. S.H., (Perwira Polres Sukabumi), yang diikuti dari TNI Polri, Sat Pol PP Kabupaten Sukabumi, Dishub Kabupaten Sukabumi, PNS Kabupaten Sukabumi, para OPD Kabupaten Sukabumi, serta para undangan lainnya.

Usai mengikuti upacara, Dandim 0622/Kab Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo S.Sos., M.Si., mengajak seluruh peserta upacara mengenang dan memaknai sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965.

Ia menerangkan, bahwasannya Rakyat Indonesia saat itu berjuang mempertahankan Ideologi Pancasila dari rongrongannya, dengan menumpas keganasan dan kekejaman G30 S/PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia) yang pada peristiwa itu membuat gugurnya 7 Pahlawan Refolusi.

”Sejarah ini penting untuk dikenang agar menggelora semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila bagi mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, Dandim mengatakan, semua elemen masyarakat menyadari betapa penting Pancasila ini untuk senantiasa dijadikan pedoman, di jadikan acuan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Karena sudah jelas, bahwa melalui Pancasila ini lah yang kita sepakati menjadi Dasar Negara yang dimulai oleh kesepakatan para pemimpin-pemimpin kita terdahulu,” tandasnya.*(DM).
×
Berita Terbaru Update