Notification

×

Iklan

Iklan

Menteri LHK RI Tutup Diklat Reguler Polhut Tahun 2023 Di Sukabumi

Kamis, 23 November 2023 | 21:02 WIB Last Updated 2024-02-24T09:59:06Z

PASUNDANPOST.COM | SUKABUMI — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar secara resmi menutup Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pembentukan Reguler Polisi Kehutanan (Polhut) tahun 2023, pada upacara penutupan pendidikan, yang digelar di lapangan danau Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/11/2023).

Upacara penutupan Diklat Pembetukan Reguler Polhut tahun 2023 diikuti sebanyak 486 (Empat Ratus Delapan Puluh Enam) Peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, terdiri dari 440 Polhut Laki-laki dan 46 Polhut Wanita.

Bertindak selaku inspektur upacara, Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar mengakatan, bahwa penyelenggaran Diklat ini merupakan bagian penting dalam upaya untuk menghasilkan jajaran anggota Polhut yang memiliki kemampuan dalam melakukan pengamanan, pencegahan, penangkalan dan penindakan non yustisil secara profesional, berintegritas, responsif dan inovatif.

”Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Setukpa Lemdiklat Polri atas kerja sama yang baik dalam rangka penyelenggaraan Diklat Polhut ini, sehingga berjalan sesuai dengan harapan,” tutur Siti Nurbaya.

Ia menegaskan kepada seluruh peserta, ”Jangan pernah lelah untuk Indonesia, jangan pernah letih untuk Ibu Pertiwi,” tandas Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar

Sementara itu, Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto S.I.K., M.Hum., menyampaikan, bahwasannya Diklat Polhut ini diselenggarakan selama 45 hari di Setukpa Lemdiklat Polri, dibuka tanggal 10 Oktober dan ditutup pada hari ini Kamis, tanggal 23 November 2023.

"Selama 45 hari ini mereka melaksanakan pendidikan dan latihan, dimana nantinya ketika mereka keluar memiliki kompetensi lulusan sebagai pelaksana pengamanan, pencegahan kemudian penindakan sesuai dengan lingkup dan peraturan perundang-undangan yang diemban oleh Kementrian LHK," terang Brigjen Mardiaz kepada awak media.

Lebih lanjut, Brigjen Mardiaz memaparkan, terdapat Tiga tahapan dalam proses Diklat Polhut ini. Pertama tahapan pengantar, kedua tahapan pemdalaman materi, dalam tahap ini mereka (seluruh peserta) diberikan pendidikan sikap dan tata nilai, etika kemudian beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa yang berazaskan Pancasila, kemudian juga dibekali keterampilan kerja umum dan keterampilan kerja khusus. Dan yang ketiga, tahapan pembulanan.

”Selama dua hari terakhir ini, mereka melaksanakan tahap pembulatan, latihan kerja dan latihan teknis, hiking dari Setukpa menempuh jarak sekitar 20 KM dan endingnya mereka melaksanakan upacara penutupan yang dihadiri oleh Ibu Menteri langsung,” pungkasnya.

Selesai kegiatan upacara, dimeriahkan dengan peragaan berbagai ketangkasan dan yel-yel yang diperagakan oleh mantan peserta latihan Diklat Pembentukan Reguler Polhut TA. 2023. (rl/DM)
×
Berita Terbaru Update