Notification

×

Iklan

Iklan

Pengerukan Sungai Oleh Alat Berat di Desa Kertamukti, Deputi Manajer PT. Metafora Andalan Utama Angkat Bicara

Jumat, 22 September 2023 | 19:37 WIB Last Updated 2023-09-22T12:43:10Z
PASUNDAN POST SUKABUMI - Adanya pengerukan sungai menggunakan alat berat oleh Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Mikro (PLTHM) di Desa Kertamukti Kecamatan Warungkiara, Pihak manajemen PT. Metafora Andalan Utama Angkat bicara.

Bintoro, Deputi manajer PT. Metafora Andalan Utama menjelaskan saat di sambangi awak media di kantornya, membenarkan terkait pengerjaan atau pengerukan sungai menggunakan alat berat atau excavator di sungai yang ada di Desa Ketamukti, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Pengerukan itu bagian rangakaian pengerjaan pembuatan bendungan yang akan di bangun oleh pihak PT. Metafora Andalan Utama, sedangkan yang di gali itu untuk membuat pasangan  atau pengecoran bendungan dan  material hasil galiannya tidak di kemana-manakan tetap di situ tidak di manfaatkan untuk apapun hanya untuk pijakan Excavator saja supaya kerjanya maksimal." paparnya kepada awak media pada senin lalu, (19/9/23).

Lebih lanjut Bintoro menjelaskan untuk kebutuhan matrial bangunan bendungan dibeli dari luar, tidak ada yang mengunakan matrial dari hasil pengerukan.

" Untuk matrialnya seperti batu belah dan pasir, kita beli sendiri, tidak memggunakan hasil pengerukan," terangnya.

Disinggung soal izin, Bintoro mengatakan semua perijinan sudah ditempuh seperti izin lingkungan, UKL - UPL, SIPA.

"Kalau jalan kita izinya ke Dinas PU Kabupaten, semua sudah ada izinnya" tandasnya.

Bahkan sebelum pengerjaan proyek ini menurut Bintoro, sudah melakukan sosialisasi dengan masyarakat setempat, Pemerintah Desa dan Kecamatan.

"Untuk pekerjanya dari masyarakat setempat terkecuali tenaga ahli, kita datangkan khusus sesuai keilmuan atau keahliannya", pungkasnya.

Kabid Bagian Tata Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi, Suhaebot Ginting saat dikonfirmasi melalui aplikasi perpesanan whastapp mengatakan PT. Metafora Andalan Utama sudah memiliki ijin ingkungan.

"Terkait aktivitas proyek PLTMH atau PT. Metafora Andalan Utama Sudah memiliki dokumen lingkungan". ucapnya.

Sebelumnya ramai di pemberitaan tentang Aktivis Lingkungan Sukabumi soroti pengerukan sungai di Desa Kertamukti menggunakan alat berat pada proyek pembangkit listrik tenaga hidro mikro (PLTHM). *(M.Afnan).

×
Berita Terbaru Update